Waspada, Ini Bahaya Menggunakan Headset saat Tidur

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Saat tidur dipercaya banyak orang dengan berhentinya seluruh aktivitas tubuh selain otak. Maka alangkah baiknya pada saat tidur tidak ada hal-hal lain yang dapat menstimulus otak sehingga membuat kita tetap terjaga, termasuk menggunakan headset.

Memakai headset terkadang dibutuhkan untuk membuat diri lebih fokus dan relax jika akan mendengarkan sesuatu atau mendengarkan lagu. Akan tetapi, siapa sangka jika headset digunakan terus menerus terutama di saat tidur akan menimbulkan dampak yang serius bagi telinga.

Berikut bahaya terlalu sering memakai headset saat tidur:

1. Membuat Kotoran Telinga Menyusun

Headset saat digunakan akan menghalangi sirkulasi udara yang keluar masuk kedalam telinga. Jika kita terus menutupnya dengan headset, maka kotoran akan semakin menekan kedalam terlebih pada saat tidur. Tentu hal ini akan sulit dibersihkan tanpa merusak telinganya.

2. Otitis Externa

Otitis Externa adalah keadaan telinga yang memerah dan meradang pada saluran luar telinga. Akan tetapi biasanya kondisi ininakan umun dialami oleh seorang perenang, namun kita harus tetap berhati-hati saat akan menggunakannya waktu tidur.

Pada kasus terburuk, ini akan membuat telinga seakan dimasukkan air dan terasa nyeri pada telinga bagian luar. Saluran ini merupakan saluran yang penting karena akan menghubungkan telinga luar ke gendang telinga.

3. Infeksi Telinga

Penyebab ini masih berkaitan dengan poin mengedepankan, dimana dijelaskan jika hal ininterus menerus akan membuat kotoran dalam telinga menjadi menumpuk.

Jika kotoran tersebut jarang dibersihkan maka juga dapat menyebabkan infeksi pada telinga. Terutama jika menggunakan headset yang sama terus-menerus. Maka kotoran bekas pakai akan tetap ada. Selain itu nyeri akibat infeksi, rasa sakitnya cukup istimewa dimulai dari rahang menuju kepala.

4. Pusing

Efek kesehatan terakhir adalah pusing. Hal ininsebenarnya tergantung dari volume dan intensitas keseringan seseorang dalam menggunakan headset. Kondisi yang cukup parah, ketika seseorang mulai pening seakan-akan berputar-putar semuabenda dan apa yang dirinya lihat disekitarnya atau dapat juga disebut vertigo. Hal ini dikarenakan gelombang elektromagnetik yang langsung dipancarkan ke otak, membuat otak kurang berfungsi dengan baik.

Itulah bahaya yang kiranya dapat ditimbulkan karena terlalu sering memakai headset, terutama saat tidur. Maka sebaiknya gunakan headset sebagaimana mestinya dan sesuai keperluan agar tidak terkesan berlebihan sehingga meninbulkan bahaya bagi kesehatan. (*)