Ulama Kharismatik Kabupaten Banyuasin Buya KH HM Husni Thamrin Madani Wafat Dunia

Ulama Kharismatik Kabupaten Banyuasin Buya KH HM Husni Thamrin Madani Wafat Dunia

TIMESINDONESIA, BANYUASIN – Kabar duka datang dari Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan. Buya KH HM. Husni Thamrin Madani, pimpinan sekaligus pendiri Pondok Pesantren Qodratullah tutup usia Sabtu malam (25/7/2020).

Ulama Pimpinan dan Pengasuh Ponpes terbesar di Banyuasin ini meninggal sekitar pukul 22. 15 WIB di kediamannya Komplek PP Qodratullah, Langkan, Banyuasin.

“Tokoh salah satu pembuat Kabupaten Banyuasin ini dikebumikan keadaan ini 15. 30 WIB (setelah shalat Ashar di Komp. Tahfizhul Qur’an Putri PP. Qodratullah, ” ujar Ketua Angkatan Muda Banyuasin Agus Saputra Holidu, menginformasikan pada TIMES Indonesia.

Berdasarkan informasi dengan dihimpun, Pondok Pesantren Qodratullah didirikan Buya KH HM Husni Thamrin Madani pada tahun 1988. Berasal dari Madrasah Ibtidaiyah “Nurul Huda” yang sudah didirikan sebelumnya oleh ayah almarhum. Ki. M. Madani bin Abdul Shamad (wafat Th. 1982).

Setelah menelungkupkan lahan baru, PP Qodratullah kini telah menempati areal seluas dekat 2, 5 hektar yang mampu menampung tak kurang dari 3000 ribu santri dan santriwati.

Buya ini selain dikenal sebagai guru agama juga lumrah sebagai petani dan pedagang karet. Lewat kegigihannya dalam berniaga, Buya mulai membangun sedikit demi kurang pesantren ini sehingga bisa sebesar saat ini.

Di dalam tahun 2018 Buya mencoba kodrat maju sabagai calon kepala daerah Pilkada Banyuasin berpasangan dengan Supartijo melalui jalur perseorangan.

Dia maju karena keprihatinan tahu Kabupaten Banyuasin yang dimekarkan daripada Musi Banyuasin menjadi sarang praktik korupsi dan menjadi bulan-bulanan KPK RI. Untuk itu Buya KH HM Husni Thamrin Madani mengetengahkan visi Banyuasin Bersih. (*)