Tumbuhkan Budaya Literasi di Banjarnegara Melalui Lomba

TIMESINDONESIA, BANJARNEGARA – Korwilcam Dikpora Kecamatan Karangkobar Kabupaten Banjarnegara mengadakan lomba literasi membuat cerpen dan menangkap puisi, Sabtu (10/4/2021).

Lomba diselenggarakan pada Sekokah Dasar (SD) Jati 01 Leksana diikuti 29 SD yang berada pada kecamatan Karangkobar.

Ketua panitia komba, Sodikin mengatakan, kegiatan lomba mengungkung membuat cerpen dan menangkap puisi yang merupakan salah satu ajang lomba literasi yang memiliki peranan strategis.

Lomba lomba literasi B

Lomba diadakan untuk memilih calon pengantara dari kecamatan Karangkobar untuk mengikuti lomba di level Kabupaten Banjarnegara.

Kegiatan ini juga bisa digunakan sebagai tolok ukur siswa dan sebagai cara pengembangan literasi di sekolah.

Adapun pemimpin lomba literasi bidang mengucapkan puisi Juara 1 diraih oleh SD Negeri satu Karangkobar, Juara 2 lantaran SD Negeri 2 Sampang dan Juara 3 sebab SD Negeri Gumelar.

Sedangkan untuk lomba membuat cerpen Juara 1 dari SD Negeri satu Karangkobar, Juara 2 lantaran SD Negeri 01 Leksana dan Juara 3 dibanding SD Negeri 2 Leksana.

Korwilcam Dikpora Kecamatan Karangkobar Subiarto, mengapresiasi kegiatan yang telah dijalankan dan dapat diikuti seluruh sekolah dasar yang tersedia di kecamatan Karangkobar. Kegiatan tetap dilaksanakan dengan aturan kesehatan.

“Lomba Literasi membuat cerpen serta baca puisi diharapkan menjelma sarana siswa menumbuhkan kebiasaan literasi sejak dini, mengikuti mampu menyalurkan bakat serta kemampuan siswa dibidang huruf, ” ujarnya.

Juara 1 dari per cabang lomba literasi menjadi caraka kecamatan untuk mengikuti lomba serupa di tingkat Kabupaten Banjarnegara. (*)