Trik Sehat Buat Kue Rendah Gula untuk Hari Raya Idul Fitri

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kue kering khas Lebaran seperti nastar, kue salju, hingga kastengel selalu menjadi camilan favorit. Tapi ini jadi masalah bagi pasien sakit, di mana makanan manis bisa meningkatkan gula darah sehingga menghasilkan penyakit mereka kambuh. Anda curiga diabetes kambuh? Tenang, ada trik sehat membuat kue rendah gula yang aman untuk diabetes.

Jadi buat para pembuat kue, kita harus tahu nih panduan membuat kue rendah gula untuk pasien dibetes. Lalu, bagaimana cara membuat kue rendah gula untuk pasien diabetes?

1. Pencampuran tepung

Campur bahan tepung dengan tepung terigu untuk memproduksi kue untuk diabetes yang bertambah sehat. Tepung terigu bisa juga menggunakan tepung gandum.

2. Gantikan gula dengan pemanis lain

Membuat kue untuk diabetes mampu dilakukan jika bahan gula diganti dengan pemanis lain, seperti pemanis alami dari ekstrak tanaman atau yang pemanis yang di anjurkan dokter.

Rasanya lebih manis daripada gula, tetapi tak berkontribusi pada peningkatan gula darah.

3. Gantikan mentega

Kesibukan lain yang diambil untuk membuat kue untuk diabetes lebih segar adalah mengganti mentega dengan versi yang lebih sehat.

Caranya bisa menggunakan mentega khusus untuk orang diabetes.

Anda bisa mendapatkannya dengan memadukan margarin rendah lemak atau patra canola (atau juga vegetable oil), ke dalam campuran sehingga perut lemaknya bisa dikurangi.

4. Tambahkan buah

Salah satu asupan penting yang harus dipenuhi sebab penderita diabetes adalah serat. Untuk menambahkan asupan serat ke kue, Anda dapat mencoba menambahkan kira-kira jenis buah saat membuat kue kering, seperti buah berry, kelapa, atau buah kering rendah gula.

“Hanya saja, meski dianggap lebih sehat, dan mempertimbangkan jangan mengkonsumsi secara berlebihan, belakang gula darah nya naik sedang, ” pungkas Chef Bahran.

Demikian tips sehat membina kue rendah gula untuk dihidangkan saat Hari Raya Idul Fitri 1441 H. Kue ini sangat direkomendasikan khususnya bagi pasien diabetes. (*)