Tirta Tak Pernah Surut, Keistimewaan Situ Rancamaya Ciamis

Tirta Tak Pernah Surut, Keistimewaan Situ Rancamaya Ciamis

TIMESINDONESIA, CIAMIS – Danau Rancamaya yang berada di Desa Sukasenang, Kabupaten Ciamis memiliki banyak keistimewaan. Salah satu keistimewaan Situ Rancamaya adalah airnya yang tidak pernah surut di sepanjang waktu.

“Air di Situ Rancamaya tidak pernah kering sekalipun di musim kemarau. Karena di dalam Situ ini ada sumber air. Airnya digunakan untuk menyalurkan sawah dan kebun di Tempat ini. Selain itu, Situ tersebut memberikan penghasilan ke desa dan orang-orang yang memancing di sana, ” ucap Reni Anggraeni, Besar Seksi Pemerintahan dan Ketertiban Kampung Sukasenang kepada TIMES Indonesia Priangan Timur, Senin (14/12/2020).

Situ Rancamaya ini tetap dibuka untuk umum alias gratis. Pengunjung yang datang ke sini umum untuk memancing.

“Saat pandemi, situ Rancamaya ditutup semasa 2 bulan. Namun, saat dibuka kembali, pengunjung banyak berdatangan balik. Saya sempat waswas, tapi untungnya ada aturan penerapan protokol kesehatan, ” paparnya.

Harapannya ke depan, Situ Rancamaya menjelma destinasi wisata yang dikenal umum sampai ke luar kota. “Semoga bisa membangun wahana permainan dalam air seperti perahu angsa ataupun sepeda air, ” tambahnya.

Satu diantara pengunjung dari Situ di Situ Rancamaya mengungkapkan pendapatnya. “Di sini aman, pelayanannya elok, tidak dipungut biaya tapi menguntungkan. Di sini banyak warung dengan harganya terjangkau juga saungnya sudah bagus. Saya beli alat pancing cuma Rp20 ribu. Kalau memprovokasi dapat 4 kg ikan, tetap dijual ke pendatang dapat Rp80 ribu, ” ujar Maman serupa memancing ikan.

“Saya berharap saungnya lebih diperbanyak sedang, ” tambahnya. Saung ini digunakan untuk berteduh saat pengunjung memprovokasi disini.

Luas Danau Rancamaya ini sekitar dua hektar. Airnya seperti sumur karena tak pernah surut kekal. (*)