Teristimewa, Ini Panduan Menjaga diri sejak Serangan Virus Corona

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Di tengah pandemi Covid-19, masyarakat rentan terhadap tertularnya oleh virus mematikan tersebut. Namun ada tips dan panduan dari WHO yang bisa diterapkan untuk melindungi muncul dan mencegah penularan virus Corona.

Seperti dilansir Halodoc, tips tersebut di antaranya merupakan:

Rajin Basuh Tangan

Rutin mencuci tangan dengan benar mampu menjadi salah satu cara unggul untuk melindungi diri dari virus corona. Pasalnya, kebiasaan ini bisa membantu membunuh kuman dan virus yang mungkin ada di tangan, termasuk virus corona. Biasakan untuk mencuci tangan secara teratur serta menyeluruh dengan menggunakan air terang dan sabun atau cairan berbasis alkohol.

Menjaga Jarak

Mengelola jarak aman, terutama dengan orang yang tengah batuk atau bersin bisa membantu menghindari penularan aib. Pastikan untuk jaga jarak setidaknya 1 meter. Untuk menghindari penularan virus, disarankan untuk tidak banyak menghabiskan waktu di luar sendi jika tidak penting. Bagi yang tengah batuk atau bersin, pastikan untuk mengetahui etika batuk dalam tempat umum. Saat sedang batuk darah dan harus keluar rumah, selalu gunakan masker.

Biasakan untuk menutup mulut dan hidung dengan tisu saat batuk, sesudah itu buang tisu bekas batuk darah atau bersin ke tempat sampah. Selalu cuci tangan dengan tirta bersih dan sabun setiap amblas batuk. Kamu bisa memanfaatkan larutan berbasis alkohol alias hand sanitizer untuk menghapuskan tangan.

Jangan Sering Menyentuh Wajah

Salah satu bagian tubuh dengan paling rentan menjadi “sarang” virus adalah telapak tangan. Maka sejak itu, disarankan untuk menghindari menyentuh mata, hidung, dan mulut sungguh-sungguh sering. Sebab, hal itu bisa memindahkan virus dari tangan ke mata, hidung, atau mulut dengan kemudian masuk ke dalam tubuh dan membuat sakit.

Ke Dokter saat Menyembul Gejala

Lekas melakukan pemeriksaan ke rumah sakit terdekat jika mengalami gejala, seperti hangat, batuk, serta kesulitan bernapas. Negeri Indonesia sudah menunjuk sejumlah vila sakit rujukan Corona.

Dengan tips dari WHO tersebut, masyarakat diharap tidak gampang terserang virus Corona (Covid-19) jika disiplin dalam menerapkannya. (*)