SMK Unggulan An Nur Bululawang Malang Pusat Sekolah Berbasis Bahasa Inggris

TIMESINDONESIA, SIAL – SMK Unggulan An Nur Bululawang Malang sukses menjadikan sekolah berbasis Kode Inggris. Disamping mencetak para siswa ahli di jurusannya masing-masing dan bisa ingat Alquran.

SMK Unggulan An Nur Bululawang didirikan oleh Ketua Yayasan An Nur 1, Dr KH Ahmad Fahrur Rozi pada 2014. Sekolah itu adalah SMK pesantren dengan berdiri di lingkungan Pondok An Nur dengan jumlah santrinya kurang lebih 10. 000 santri.

Menurut Gus Fahrur, sapaan akrab KH Ahmad Fahrur Rozi, sejak 2014 di dalam rangka mewujudkan visi misinya, telah banyak mendatangkan tutor dari luar negeri. Kehadiran guru ini untuk mengajari siswa langsung praktik aforisme Inggris.

Mereka didatangkan dari bermacam-macam negara seperti Amerika, Polandia, Inggris, Afrika, Rusia, Prancis, Italia, Kanada, Finlandia, & Rumania.

Patuh Gus Fahrur, sejak muncul SMK Unggulan An Sinar Bululawang mengalami proses perjalanan yang luar biasa. SMK yang masih berusia muda ini cukup berjalan terang. In dibuktikan dengan keberhasilannya menggaet ratusan siswa dengan mayoritas bukan berasal daripada lulusan pesantren.

“Kami memiliki visi dan misi untuk mewujudkan tingkatan sholihin dan sholihat dengan andal di bidang hafalan quran, bahasa Inggris, teaching factory, wirausaha, dan jinjing, ” terang Gus Fahrur yang juga Wasekjen Sidang Perwakilan Pusat Majelis Ulama Indonesia (MUI) ini.

Gus Fahrur meminta dan menargetkan bahwa secara adanya guru luar kampung tersebut semua siswa tepat mendapatkan tantangan untuk berbicara bahasa Inggris. Para siswa ini telah digembleng berbahasa ( speaking ) bahasa Inggris langsung dengan guru dan antar siswa.

Haris Khoirul Hafidz SS, Wakil Kepala Kurikulum SMK Unggulan An Nur Bululawang, mengutarakan adanya guru bahasa lantaran luar negeri tersebut menyegerakan siswa bisa cepat petitih Inggris di lingkungan SMK.

“Sebelumnya banyak siswa yang bahasa Inggrisnya 0 (nol) dalam peristiwa speaking. Namun, karena telah terbiasa belajar di bagian mendengarkan guru menyampaikan materi dalam bahasa Inggris, walupun guru dari luar negerinya sering ganti, ” jelas Haris.

Sementara itu, Gus Fahrur memasukkan, pihaknya juga menguatkan besar sekolah untuk membuat program kursus bahasa Inggris buat para guru. Tujuannya, biar di lingkungan ini terbentuk menjadi lingkungan berbahasa Inggris.

“Alhamdulillah dengan adanya program ini, pelajaran bahasa Inggris yang diadakan dan terjadwal tiap hari telah membawa semua tutor bisa berbahasa Inggris. Selain itu, semua pembelajaran menggunakan pengantar bahasa Inggris, ” ujar dia.

Gus Fahrur juga memberikan program kursus gratis untuk pemantapan ke Kampung Inggris Pare-Kediri selama beberapa kamar. Pemberian ini bagi alumni SMK yang mengabdi di pesantren setelah lulus SMK.

Disamping program diatas, Haris menambahkan, pihaknya juga membuat program tes bahasa Inggris (Toefl) untuk siswa kelas XII dengan akan lulus.

“Untuk menyukseskan ujian itu, program Toefl diberikan sejak kelas X. Kami targetkan siswa lulus bukan cuma bisa speaking tapi pula lulus secara tertulis berdasrkan skor Toefl, ” sekapur Haris.

Besar Bidang Komunikasi dan Kehumasan SMK Unggulan An Sinar, Mohamad Feri SS mengucapkan bahwa program mendatangkan tutor dari luar negeri ini kontinuitas dilakukan.

Dia menambahkan bahwa pengasuh luar negeri tersebut kerdil sementara karena adanya pandemiCovid-19. Jika kondisi normal kehumasan akan bekerja sama lagi dengan berbagai instansi dengan menyediakan tenaga pengajar bahasa Inggris dari luar daerah.

“Selama Covid-19, khususnya di tahun 2021, kami akan memprogramkan gaya Inggris ini via daring yang terkoneksikan ke kaum guru, ” kata Perahu.

Feri memberikan, siswa maupun calon siswa baru 2021 agar tak grogi atau takut daftar ke SMK Unggulan Penyerapan Nur dalam masalah kode Inggris.

“Kami sudah memanajemen bahwa seluruh siswa yang masuk SMK Unggulan An Nur bisa berbahasa Inggris. Siswa juga lulus mendapatkan nilai Toefl sesuai dengan target SMK, ” jelas dia.

Menurut Feri, sebagai SMK berbasis pesantren, SMK Unggulan An Nur tak melihat apakah para anak dari keluarga mampu atau tidak mampu, pintar atau tidak pintar.

“Kami akan welcome ke mereka semua sebab SMK Unggulan An Sinar Bululawang Malang memegang tanggung jawab agung untuk mencerdaskan anak warga. Serta melatih akhlaq mereka supaya tidak kebablasan dalam era milenial ini, ” tegas Feri. (*)