SMK Muhammadiyah Jember Pencetak Gaya Asisten Perawat dan Teknisi IT Unggul

TIMESINDONESIA, JEMBER – SMK Muhammadiyah Jember yang lazim dikenal dengan SMK Muje memiliki slogan Islamic & Digital School. Sekolah itu menargetkan mampu menciptakan lulusan yang unggul dan berdaya saing tinggi, siap kerja, siap kuliah, bahkan keduanya.

Kepala SMK Muhammadiyah Jember Andrik Ketua Nasution SKep Ns mengucapkan, SMK Muje memiliki 2 kompetensi keahlian unggulan, yaitu asisten keperawatan dan teknik komputer dan jaringan (TKJ).

“SMK Muje ditargetkan mampu menciptakan lulusan yang memiliki well knowledge, well skill , dan juga well behavior , ” terang Andrik.

Well knowledge yang dimaksud, menurut Andrik, adalah siswa dibekali materi-materi yang sesuai dengan kurikulum pada setiap jurusan. Juga disinkronkan dengan industri negeri usaha dan dunia kegiatan (Iduka).

“Sinkronisasi kurikulum ini diharapakan mengutarakan lulusan yang kompeten pada bidangnya, ” tandasnya.

Menurut dia, madrasah yang beralamat di Tiang PB Sudirman I No 31 Jember Lor Patrang, Kabupaten Jember, Jawa Timur ini telah melakukan koordinasi kurikulum dengan berbagai Iduka sesuai kondisi pada industri. Tujuannya, agar keterserapan keluaran SMK Muje ke Iduka juga tinggi.

“Sebagai sekolah vokasi tentunya well knowledge saja tidak lah cukup, siswa pun dibekali skill yang sesuai dengan kompetensi keahliannya, ” terang dia.

Andrik menjelaskan, kompetensi keahlian asisten keperawatan dibekali well skill sebagai seorang tenaga medis. Sedangkan TKJ juga dibekali well skill di dunia jaringan internet hingga metode komputer.

“Penanaman well skill ini meniti pembelajaran praktik pada pelajaran produktif, dimana presentasi pengamalan hampir keseluruhan pada pembelajarannya, jika dibandingkan dengan materi-materi lainnya, ” ujar tempat.

Selain itu, lanjut Andrik, di setiap masing kompetensi keahlian memiliki muatan lokal (mulok) berbasis kewirausahaan. Mulok ini mampu digunakan siswa untuk menambah skillnya sekaligus berwirausaha laksana mini spa, bekam, dan totok punggung.

Tidak hanya well knowledge maupun well skill saja yang menjadikan lulusan unggul & mampu bersaing nantinya. Namun, Andrik menyebutkan ada poin utama yang harus dimiliki lulusan SMK Muhammadiyah Jember, yaitu well behavior .

“Penanaman well behavior tidak lah bisa instan namun melalui pembiasaan-pembiasaan hal kecil. Contohnya, penanaman karakter agama yakni shalat Dhuha, shalat berjamaah, dan membaca, terjemah serta memahami Alquran secara bersama, ” terang dia.

Selain karakter rohani yang ditanamkan, Andrik mengucapkan, budaya kerja pun juga diterapkan di lokasi sekolah. Penanaman well behavior dengan paling penting yaitu akhlaq. Akhlaq di sini yaitu memiliki etika hubungan antar teman, guru ataupun orangtua yang dilandasi Alquran, perkataan, dan norma-norma yang resmi.

“Mari bercampur dan daftar segera di SMK Muhammadiyah Jember (SMK Muje) dengan menghubungi Malichatus Saidah SPd di 0821-4757-0849, Faizatul Camalia SPd di 0858-9589-4388 atau kunjungi psb. smkmuje. sch. id, ” kata Andrik. (*)