SMK Bina Husada Pamekasan Hebat dan Berkarakter!

TIMESINDONESIA, PAMEKASAN – SMK Bina Husada Pamekasan (SMKBHP) berkecukupan di bawah naungan Yayasan Bina Cendikia. Cendikia ataupun cendikiawan memiliki arti terpelajar, pintar, ataupun intelek. Harapannya, adalah setelah lulus dari sekolah akan mengorbitkan para-para cendikiawan HEBAT.

Wakil Kepala Kesiswaan SMK Bina Husada, Retno Budiyanto mengatakan bahwa HEBAT memiliki kata serapan Humble, Educative, Brave, Attractive , dan Thoughtful.

“Sesuai filosofi sekolah kejuruan, diharapkan SMK Bina Husada mampu menciptakan lulusan tidak hanya berdaya saing saja tetapi juga Hamble , yaitu lulusan yang rendah hati / berkarakter, ” kata Retno.

Lebih lanjut Retno menjelaskan, Educative menjabarkan bahwa output yang dicetak haruslah berpendidikan linieritas dan multidisiplin oleh keilmuwan yang mumpuni. Bukan hanya berpendidikan saja, tetapi juga harus berani menarik tindakan dalam segala sesuatu yang menjadi prioritas keilmuwan atau yang kita kenal dengan Brave .

Retno menambahkan, yang dimaksud Appealing di sini ialah lulusan yang dicetak harus menarik di mata penduduk dengan segala keilmuwan yang dimilikinya. Selain itu, tidak menoton tapi juga kreatif sesuai permintaan pasar sesuai ranah keilmuwan yang dimilikinya serta Thoghtful.

“Makna Thoghtful ini ialah bijaksana selalu menggunakan akal, pengalaman, dan pengetahuannya serta suka menolong antar sesama bagi siapapun yang membutuhkan tidak membeda-bedakan agama, adat istiadat, suku dan ras, ” kata dia.

Dengan menerapkan slogan tersebut, Retno mengatakan, tidak menutup kemungkinan lulusan SMK Bina Husada Pamekasan akan disegani. Bahkan menjadi buruan para stakeholder untuk berlomba-lomba daftar dan masuk di SMK Bina Husada.

Hal itu, lanjut Retno, tidak terlepas pada dalam SMK Bina Husada Pamekasan sudah mewakili kesemuanya sesuai kebutuhan dunia industri (Dudi). Terutama untuk menghadapi era disruption 4. 0 dan society 5. 0 yang lebih mengedepankan keterbukaan (karakter).

“Sesuai instruksi Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Henri Togar Hasiholan yang menyatakan bahwa menghadapi dunia yang semakin kompleks seperti apa yang kita rasakan hari ini, masuklah sekolah sesuai dengan interest. Dan SMK Bina Husada Pamekasan adalah solusinya menjawab tantangan tersebut, ” kata Retno. (*)