Sering Tidak Disadari, Kesalahan saat Sahur Ini Bisa Berdampak Buruk Lho

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Sahur ketika puasa tidak boleh dianggap sembarangan. Pakar kesehatan menyebutkan bahwa sahur harus jadi bagian dari makan utama yang sebaiknya mampu memenuhi 30 persen berbagai kebutuhan energi harian. Meski demikian, banyak yang tidak menyadari melakukan kesalahan saat sahur. Salah satunya adalah berlebihan minum air.

Meski air penting tuk mencegah dehidrasi saat puasa, terlalu berlebihan minum atmosphere justru bisa berakibat deadly, lho. Sebaiknya jangan minum lebih dari 3-4 gelas saat sahur.

Terlalu banyak minum ketika sahur akan menyebabkan volume air mengisi sebagian tidak kecil lambung, sehingga nafsu makan sudah turun sebelum anda makan sahur.

Hal ini akan membikin pemenuhan 30 persen energi dalam tubuh dari makan sahur akan sulit terpenuhi dan risiko tubuh merasa lemas akan semakin besar.

Jika ingin memenuhi kebutuhan air dan menghindari haus saat puasa, cara paling jitu adalah dengan mengatur minum saat puasa dengan cara yang tepat mulai berbuka hingga setelah sahur.

Kesalahan ketika sahur ini tak sebatas berlaku untuk air putih. Sebaiknya batasi juga minum teh atau kopi saat sahur, ya. (*)