Sebhumi Siap Dukung Polres Bantul Sosialisasikan Kebijakan New Normal

TIMESINDONESIA, BANTUL – Sinergi antara Kepolisian dengan komunitas masyarakat sangat dibutuhkan untuk memberikan pemahaman kepada asosiasi terkait kebijakan New Normal. Kapolres Bantul, AKBP Wahyu Tri Watak S SIK, MH menyampaikan pemberitahuan ini saat menerima kunjungan pemimpin Sedulur Bumi Mataram (Sebhumi) pada Polres Bantul, Kamis (2/7/2020).

Masih banyak masyarakat dengan menilai kebijakan New Normal bermanfaat kembali seperti saat belum ada Pandemi Covid-19. Akibatnya banyak umum yang mulai meninggalkan protokol kesehatan tubuh pencegahan penularan Covid-19 saat melayani aktifitasnya.

Masyarakat telah banyak yang tidak memakai kedok serta berkerumun, dan tidak menggembala jarak. Padahal belum terdapat gadai tidak ada lagi penularan Covid-19. Menyusul masih ditemukannya kasus pasti baru Covid-19.

Masa kondisi ini dibiarkan berlarut-larut diperkirakan tidak dapat memutus rantai penularan Covid-19, sehingga pandemi Covid-19 di negeri tidak akan segera sudah. Padahal bila tidak segera berakhir akan berdampak para kegiatan zona ekonomi dan sosial.

Kebijakan New Normal diharapkan berpunya membangkitkan ekonomi sekaligus memutus rantai penularan Covid-19. Namun sayangnya rancangan ini belum dipahami sepenuhnya oleh masyarakat. Kapolres optimis melalui masyarakat seperti Sebhumi pesan tersebut akan lebih mudah dipahami bangsa.

“Saya meminta kerelaan Sebhumi untuk dapat membantu ana mengedukasi tentang memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di lingkungan kira-kira, ” jelas Kapolres.

Ketua Umum Sebhumi, Hj Sri Surya Widati menambahkan pihaknya murung dengan masih maraknya warga dengan bepergian tanpa menggunakan masker dan tidak mematuhi protokol kesehatan pencegahan penularan Covid-19. Sebhumi dalam di setiap kegiatan terkait Covid-19 seperti Bhakti sosial dan pengajian selalu menyisipkan pesan-pesan kepada masyarakat untuk mengindahkan protokol kesehatan pencegahan penularan Covid-19.

Terkait peringatan HUT ke-74 Bhayangkara, Sri Surya Widati berharap Kepolisian dapat terus menggembala iklim kondusif dan mengayomi bangsa. Sebagai bentuk dukungan kepada Kepolisian, ketua Sebhumi memberikan potongan tumpeng kepada Kapolres Bantul. Melalui tanda penyerahan potongan tumpeng ini semoga sinergi antara Kepolisian dan publik masyarakat dapat terus terjaga.

“Kami bersilaturahmi dalam buram hari Bhayangkara dan kami mangayubagya ikut bergembira. Kami berharap hendaknya Kepolisian tetap terus mampu memelihara iklim kondusif dan tetap dapat mengayomi masyarakat, ” jelas Mantan Bupati Bantul ini. (*)