Puluhan Jurnalis di Cirebon Jalani Vaksinasi Covid-19

TIMESINDONESIA, CIREBON – Jurnalis yang bertugas di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, melaksanakan vaksinasi Covid-19. Vaksinasi itu diharapkan dapat melindungi pewarta dari penyebaran Covid-19, selain juga menerapkan protokol kesehatan.

Vaksinasi dikerjakan di Puskesmas Sumber, Kabupaten Cirebon, Jumat (5/3/2021). Puluhan wartawan pun antusias disuntik vaksin Covid-19. “Vaksinasi itu dilaksanakan di antaranya buat kekebalan tubuh kita. Setelah 14 hari, akan ada vaksin lagi yang ke-2 untuk para rekan media, ” kata Bupati Cirebon H Imron.

Imron mengingatkan, antibodi penerima vaksin baru muncul setelah sebulan pasca vaksinasi dosis kedua. “Wartawan termasuk yang rentan tertular dari Covid-19, karena selalu berkomunikasi dengan asosiasi, ” imbuhnya.

Ia serupa menuturkan, vaksinasi ini jadi antisipasi bagi para kawan media, agar memiliki daya tahan tubuh yang bertambah kuat dan terhindar sebab Covid-19.

Tengah itu, Kepala Dinas Kesehatan tubuh Enny Suhaeni menyampaikan, sesudah menjalani vaksinasi, rekan-rekan media harus tetap menjaga 5M. Upaya itu adalah menggunakan masker, mencuci tangan, melindungi jarak, menjauhi kerumunan, dan membatasi mobilitas.

“Rekan-rekan media juga harus menimbrung menyosialisasikan dan mengedukasi kelompok, tetangga, dan keluarga buat tetap menjaga protokol kesehatan, dan jangan takut divaksin, ” ujarnya.

Satu jurnalis di Cirebon Alek Sunardi mengatakan, awalnya ia merasa deg-degan serta takut divaksin. Namun, ia merasa senang karena telah divaksinasi. “Untuk prosesnya ini enggak lama, cuma ditanya riwayat penyakit dan kala divaksin, ternyata enggak melempem, ” paparnya usai menerima vaksin Covid-19. (*)