Perkiraan Kerusakan, KPH Wilayah X Dempo Patroli di Hutan Lindung Dempo

TIMESINDONESIA, PAGARALAM – Mengantisipasi kerusakan hutan lindung Dempo, personel KPH Wilayah X Dempo melakukan patroli bersama anggota Polisi Hutan.

Informasi yang dihimpun, perondaan yang dilakukan petugas KPH Wilayah X Dempo tidak mudah mengecek lokasi hutan lindung. Menuju lokasi, aparat harus menempuh perjalanan kaki selama dua jam, setelah kendaraan roda dua tak lagi menjangkau tujuan tepatnya di Talang Danau Cinta, di wilayah Jokoh, Kecamatan Dempo Tengah.

“Lokasi yang dituju adalah kawasan lahan yang menghunjam hutan lindung Gunung Kandas, ” ujar Kepala KPH Wilayah X Dempo Herry Mulyono melalui Kasi Rehabilitasi Hutan, Lonedi SHut, Minggu (7/3/2021).

Sepanjang perjalanan belum ditemukan lahan hutlin yang dirambah, ujat dia seraya mentatakan dengan adanya giat patroli tersebut sebagai upaya pencegahan jangan sampai kerusakan hutan melestarikan naik Gunung Patah atau Bukit Jambul meluas. Zona jalan cukup sulit ditempuh. Selain medannya berbukit & lokasi akses jalannya tanah yang tidak mudah dilalui kendaraan. Hingga petugas biar melintas jembatan gantung dengan kondisinya cukup memprihatinkan bila dilalui.

Lonedi juga mengantarkan disejumlah titik lokasi dalam kawasan ini dipatok papan nama imbauan berisikan pesan tanpa merusak atau menebang dalam hutan lindung.

“Dengan adanya imbauan selain menandakan kawasan hutan melestarikan Dempo, juga larangan sungguh-sungguh untuk membuka lahan atau alih fungsi lahan karena jelas pelaku akan berusuan dengan hukum, ” pungkasnya. (*)