Penanganan Banjir Padaherang, Pemkab Pangandaran Bahan Gunakan APBN

TIMESINDONESIA, PANGANDARAN – Penanganan banjir yang kerap terjadi di Kecamatan Padaherang, Kabupaten Pangandaran sudah teragendakan oleh Pemkab Pangandaran melalui sumber dari perkiraan APBN.

Kepala Bagian Fisik Sarana dan Prasarana BAPPEDA Kabupaten Pangandaran Asep Suhendar mengatakan, Pemda Pangandaran pernah melaksanakan koordinasi dengan pihak Balai Besar Daerah Sungai (BBWS).

“Waktu itu pernah membuat kajian serta perencanaan untuk diterapkan pada penanganan banjir di Kecamatan Padaherang, ” kata Asep, Selasa, (9/2/2021).

Lokasi yang kerap terjadi banjir di Desa Paledah, Kecamatan Padaherang (Foto: Syamsul Ma’arif/TIMES Indonesia)

Satu diantara opsi penanganan banjir tersebut di antaranya dengan cara membuat embung beserta pendukung lainnya. “Dokumen perencanaannya tersedia juga di BBWS, namun belum final lantaran terkendala oleh penyelamatan lahan, ” tambahnya.

Sementara warga Desa Paledah, Kecamatan Padaherang, Herman mengatakan, posisi daerah yang sering terendam banjir di antaranya Desa Paledah.

“Keberadaan daratan di Desa Paledah kawasan dan areal pesawahan lokasinya berharta di bawah jalur sungai Citanduy, ” kata Herman.

Jika diperhitungkan, daratan permukiman warga dan sawah di Desa Paledah, berada pada posisi ke dalaman sekitar 170 centimeter di bawah permukaan air jalur sungai Citanduy.

“Selama kondisi minuman di sungai Citanduy besar, selama itu juga areal pesawahan tidak akan pernah produktif, ” tambahnya.

Lokasi yang kerap terjadi banjir di Desa Paledah, Kecamatan Padaherang (Foto: Syamsul Ma’arif/TIMES Indonesia)

Petani dalam Desa Paledah dan sekitarnya mampu menggunakan areal pesawahan untuk memendam padi jika kondisinya musim kemarau, itu pun hasilnya tidak suntuk.

“Harapan kami program penanganan dengan cara meninggikan menguasai sungai Citanduy segera direalisasikan biar masyarakat bisa menikmati hasil pertanian dan tidak selalu takut dengan ancaman banjir, ” pungkas awak Padaherang Kabupaten Pangandaran ini. (*)