Pemimpin Brazil Jair Bolsonaro Tolak Memakai Vaksin Covid-19

Pemimpin Brazil Jair Bolsonaro Tolak Memakai Vaksin Covid-19

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pemimpin Brazil Jair Bolsonaro umumkan dirinya akan menolak memakai vaksin Covid-19. Dia bersitegas bahwa dirinya tidak akan menggunakan vaksin tersebut meskipun telah disetujui pemerintah negara tarian Samba tersebut.

Petunjuk ini dia sampaikan dalam sebuah video yang beredar di internet pada Kamis (26/11/2020). “Saya tegaskan, saya tidak akan menggunakannya (vaksin). Dan itu adalah hak kami, ” ucapnya dalam video dilansir dari The Daily Mail .

Pada video tersebut Bolsonaro juga mengucapkan bahwa pemerintah akan segera mengatur pembelian dan pendistribusian vaksin ke negaranya bagi mereka yang menginginkan.

Diketahui, hingga zaman ini Brazil menduduki peringkat ke tiga negara dengan kasus Covid-19 terbanyak setelah Amerika dan India. Tercatat hingga saat ini ada sekitar 170 ribu jiwa melayang akibat virus ganas ini.

Hal ini menyebabkan Bolsonaro mendapatkan kecaman dari warga. Dia dianggap tak becus menangani pandemi. Dia juga terlihat menganggap remeh Covid-19 dengan tidak memakai kedok dimanapun berada.

Bolsonaro bahkan mentang opsi lockdown serta terus menggemborkan keampuhan hydroxychloroquine sekalipun bebrapa penelitian menyebutkan obat itu tak ampuh menangkal Covid-19.

Diketahui, Presiden Brazil Jair Bolsonaro sempat tertular Covid-19 pada awal Juli lalu. Dia juga yakin bahwa DPR juga tak akan memutuskan untuk mewajibkan vaksin Covid-19 bagi semua warganya. (*)