Menelan Susu saat Sahur jaga Institusi Tetap Fit saat Puasa

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Lemas saat puasa dapat saja terjadi di dalam siapa saja. Namuh hal itu harus diperangi. Selain dengan mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan nutrisi yang tepat, biasakan pula buat minum susu.

Sinse spesialis olahraga, dr. Rachmad Wishnu Hidayat, SpKO, mengatakan, minum segelas susu saat sahur dapat menganjurkan rasa kenyang lebih lama.

“Mengonsumsi segelas susu saat sahur dapat membantu memberikan rasa kenyang lebih lama berkat perut protein, ” kata Wishnu.

Susu juga bisa menjelma penyumbang cairan tubuh. Susu juga mengandung kalsium dan sejumlah vitamin yang dapat membantu memperkuat gaya tahan tubuh selama puasa.

Tak hanya saat sahur, susu juga dapat diminum masa berbuka. Sedangkan jika diminum di malam hari, susu bisa membangun tidur lebih cepat, sebab susu mengandung asam amino tryptophan. Suatu prekursor yang berguna untuk neurotransmitter serotonin yang bersifat menenangkan. Sehingga cara tidur pun menjadi lebih cepat.

Bagi yang suka berolahraga menjelang buka puasa, susu bisa menjadi pengganti energi yang hilang saat berolahraga. Cairan yang berkurang karena keringat ketika berolahraga juga bisa dengan cepat digantikan oleh susu. (*)