Memori, Pesawat Penumpang Etihad Airways Datang di Israel

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Untuk kali pertama pesawat penumpang Uni Emirat Arab (UEA), Etihad Airways dari Abu Dhabi mendarat di bandara Israel. Motor dengan nomer penerbangan EY 9607 ini mendarat di Bandara Ben Gurion, dekat Tel Aviv, Senin (19/10/2020).

Juru bicara Otoritas Bandara Israel mengatakan kepada kantor berita AFP, seperti dilansir Al Jazeera, pesawat tersebut hanya berisi para awak

Pesawat itu mengambil profesional turisme Israel, yang akan terbang ke UEA untuk kunjungan dua keadaan yang diselenggarakan oleh perusahaan Israel Maman Group, kata juru bicara itu.

Pendaratan motor komersial pertama dari UEA pada Israel itu merupakan tindak lanjut penandatanganan perjanjian normalisasi hubungan antara UEA-Israel sebulan lalu.

Operator UEA juga mengatakan telah membuat “sejarah”. “Etihad telah menjelma maskapai Teluk pertama yang mengoperasikan penerbangan penumpang ke Israel. & ini baru permulaan, ” cakap maskapai itu di Twitter.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menyebut penerbangan perdana itu hal yang luar biasa.

“Kami membuat perubahan bersejarah disini, ” katanya dalam pertemuan Partai Likud.

Etihad mengatakan pihaknya merencanakan penerbangan pengikut reguler antar negara di masa depan dan meluncurkan situs web khusus Ibrani.

Udara Etihad Airways pernah akan datang di Ben Gurion dengan persediaan medis pada Mei dan Juni untuk membantu Palestina mengatasi pandemi virus korona, tapi Palestina menolaknya. (*)