Membuat Ngakak, Ini 5 Film Banyolan Benyamin Sueb

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Seniman Betawi Benyamin Sueb memang telah meninggal pada 1995 silam, namun karyanya masih teringat abadi sampai kapanpun. Benyamin Sueb selama hidupnya dikenal sebagai artis yang jenaka dan mulitalenta, beserta adalah deretan film lucu dengan diperankan oleh Benyamin Sueb.

satu. Benyamin Biang Kerok (1972)

Film ini memang bukan film mula-mula yang dibintangi oleh Benyamin Sueb, namun merupakan film pertama dengan menunjuknya sebagai bintang utama. Film garapan sutradara Nawi Ismail ini lebih menonjolkan sosok konyol Benyamin Sueb sehingga kesan komedi benar kental dalam film ini. Memerankan tokoh Pengki, dia selalu memeriksa untuk mengerjai majikannya, Johan (A. Hamid Arief), istrinya dan mertuanya. Dengan licik ia menjual gasolin mobil, berlagak jadi tuan besar dengan mobil tuannya dan merayu gadis-gadis cantik. Ia selalu lulus dari ulahnya yang merugikan orang lain itu, kecuali terakhir sekali ketika dua gadis cantik dengan dikencaninya sama-sama datang ke panti majikannya yang diaku sebagai rumahnya sendiri. Nasib baik Pengki tak bertahan lama, hingga pada kesimpulannya dia dipecat akibat ulahnya tunggal.

2. Benyamin Brengsek (1973)

Sukses memerankan tokoh utama di film Benyamin Biang Kerok pada 1972, tidak butuh waktu lama untuk Benyamin untuk kembali muncul sebagai bintang utama. Namanya kembali bercahaya di film Benyamin Brengsek pas satu tahun berikutnya.

Unsur komedi masih kental dalam film ini, bahkan kali itu berhasil memunculan kisah yang bervariasi dan selalu membuat penasaran. Hidup ini berkisah tentang perjuangan Benyamin yang memilih merantau ke Jakarta untuk memperbaiki nasib. Jadi tukang parkir, tukang cukur; bintang film, banci, penjaga kebun binatang, penarik becak, petinju dan lain-lain. Belakangan ia menemukan jalan hidup yang baik dan sukses.

3. Benyamin Tukang Ngibul (1975)

Dua kali berperan sebagai bintang utama, leter Benyamin Sueb sudah cukup berpengaruh. Bahkan film-filmnya selalu ditunggu. Dengan menyuguhkan tema dan jalan cerita yang berbeda, Benyamin Sueb kali ini tampil sebagai orang yang suka berjudi. Kerap kalah dan apes, membuatnya bertekad untuk menggandakan uang tersebut. Alhasil jalan tidak halal ditempuhnya, mulai dari berjualan obat palsu hingga bercekcok secara temannya. Namun usai beraksi, Benyamin Sueb malah jatuh ke tangan polisi. Setiap film Benyamin Sueb tetap menjunjung hikmah dan kebaikan yang dapat diambil oleh penonton. Masih dengan gaya rambut berkeluk-keluk yang khas, Benjamin Sueb tampil dengan ekspresi bingung pada poster film ini. Pada Benyamin Tukang Ngibul, Ben juga berkesempatan beradu akting dengan Grace Simon.

4. Samson Betawi (1975)

Genre bebodoran cukup kental dalam film secara judul Samson Betawi ini. Kisahnya bermula saat Samson (Benyamin Sueb) lahir setelah 13 bulan pada kandungan ibunya. Saat baru tumbuh, dia diramal akan memiliki kekuatan besar, namun bila bulu ketiaknya dicukur maka kekuatannya akan hilang.

Bapak Samson, Bungkus Hamid banyak dibuat pusing sebab ulah Samson setelah lahir. Dia sering berkelahi sehingga para karakter tua lawan berkelahinya sering minta ganti rugi kepada pak Hamid. Akhirnya keluarga Hamid jatuh bapet hingga akhirnya pada 17 tarikh kemudian Samson bertekad ke praja untuk mencari pekerjaan.
Dalam kota ia bertemu Siti Duile (Yatni Ardi) secara tidak berniat yang hampir ditabrak mobil. Samson menolong Duile dan mereka berhubungan. Secara diam-diam Sutan Malenggang Pada Langit (Mansyur Syah), seorang pelopor, juga melihat kejadian itu, & akhirnya mengajak Samson berpartner di dalam mengadakan pertunjukan yang menampilkan Samson sebagai orang kuat dan perlawanan gulat. Kerja sama pun dijalin. Samson selalu berhasil dalam musabaqah gulat hingga popularitas Samson menyentuh puncaknya. Sementara itu Samson mewujudkan hubungan erat dengan Duile.

Tidak disangka, lawan berjuang Samson berikutnya adalah kakak Duile. Duile diutus kakaknya untuk mengorek rahasia kekuatan Samson. Setelah dirayu, Samson menceritakan rahasia kekuatannya di dalam Duile, dan pada saat Samson tertidur, Duile tidak menyia-nyiakan kesempatan itu untuk mencukur habis jatuh ketiak Samson. Pada saat perlombaan, Samson tidak berkutik dalam melawan kakak Duile dan akhirnya tersisih.

5. Si Doel Anak Baru

Orang lebih familiar dengan sitcom Si Doel Anak Sekolahan. Real sebelumnya Benyamin Sueb juga menjadi tokoh utama di film Jiwa Doel Anak Modern. Disutradarai sebab Sjuman Djaja, film ini mengarang Doel yang hanya bisa menganggur di kampung halamannya. Ia pula membujuk sang ibu untuk menjual tanah yang ada di kota demi menikahi gadis impiannya. Tetapi alih-alih begitu, Benyamin malah menjelma anak yang sok modern. Anugerah akting cemerlangnya, film ini memperoleh dua penghargaan yakni Film terlaris V di Jakarta dan Piala Akademi Sinematografi LPKJ untuk editing terbaik II dan fotografi terbaik II. (*)