Melaksanakan Roti Gulung Kayu Manis ataupun Cinnamon Roll Anti Ribet

Melaksanakan Roti Gulung Kayu Manis ataupun Cinnamon Roll Anti Ribet

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Roti gulung kayu cantik atau cinnamon roll merpakan makanan khas dari Eropa Utara. Biar bukan daera penghasil kayu elok, namun roti ini menjadi satu diantara makanan yang paling digemari.

Konon, untuk mendapatkan kayu manis sebagai bahan utama serta bahan tambahan pala dan kapulaga, Bangsa Eropa harus berlayar ke Nusantara.

Ingin membuatnya? Ini resep cinnamon roll anti ribet yang di kutip daripada delish

Target adonan

Cooking spray (bisa diganti butter ataupun minyak sayur biasa)
1 cup susu hangat
2 1/4 sdt ragi instan
2 telur berukuran besar, suhu ruang
5 sdm mentega
4 1/2 cup serbuk serbaguna
2 sdt garam kosher
1/2 cup gula pasir
1/4 sdt baking soda

1 isian

separo cup mentega
3/4 cup brown sugar
2 sdm kayu manis bubuk
separo sdt pala bubuk
separuh sdt garam kosher

Bahan frosting

170 gram cream cheese
1/2 cup mentega
1 cup gula bubuk
Garam kosher secukupnya
1 sdt ekstrak vanila murni
1/4 cup susu atau heavy cream

Cara membuat

Siapkan loyang ukuran 9×13 inci, suntikan dengan cooking spray. Sisihkan.

Campur susu dan ragi pakai mixer. Turunkan kecepatan, masukkan semua bahan adonan. Campur kembali selama 15-18 menit dengan kemajuan sedang-tinggi sampai adonan lembut dan halus.

Masukkan luluhan ke dalam mangkuk besar dengan sudah disemprot cooking spray. Tutup dengan serbet bersih, biarkan mengembang sampai 2 kali lipat semasa sekitar 1, 5-2 jam.

Sementara itu saat membuat isian. Pada wadah, masukkan mentega, gula, kayu manis, pala, dan garam. Campur selama 3-4 menit sampai adonan ringan dan fluffy.

Panaskan oven dalam suhu 204 derajat celsius. Kalau adonan sudah mengembang, keluarkan & letakkan di atas meja yang sudah ditaburi tepung. Giling adukan sampai membentuk kotak besar kira-kira 46×46 cm.

Sokong isian pada bagian pinggir adonan. Gulung adonan sampai berbentuk seolah-olah batang kayu. Potong menjadi 12 bagian dengan lebar kira-kira 4 cm. 8. Letakkan 12 potong adonan di atas loyang. Tutup dengan serbet bersih selama 30-40 menit, biarkan mengembang sampai dua kali lipat.

Kalau sudah mengembang, panggang adonan cinnamon roll selama 20-22 menit datang warnanya coklat keemasan. Sembari menunggu cinnamon roll matang, saatnya mendirikan frosting. Pada wadah, campur mentega dan cream cheese. Campur sampai bertekstur ringan dan fluffy.

Tambahkan gula, garam, dan ekstrak vanila. Campur lagi sampai adonan lembut. Masukkan susu dengan perlahan. Keluarkan cinnamon roll yang sudah matang. Letakkan di akan piring saji. Beri frosting. Sajikan roti cinnamon roll dalam laksana hangat.

Rasa cantik dan wangi dari kayu elok bikin ketagihan makan cinnamon roll. Makanan ini cocok juga disajikan bersama teh atau kopi. (*)