Mau Sukses? Coba Baca 6 Wacana Karangan Miliarder Dunia Ini

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kehidupan para-para miliarder memang kerap menjadi sorotan warga dunia. Tak hanya soal kekayaan yang menarik jadi perbincangan, namun perjalanan untuk mencapai keberhasilan itu lah yang dapat menjadi inspirasi bagi kita.

Dilansir dari CNBC , Senin (12/10/2020), berikut ini adalah buku yang ditulis oleh para miliarder, yang berisi pengalaman, saran, dan cerita hidup mereka yang dapat menjadi inspirasi bagi kita untuk menyentuh kesuksesan pula.

1. Shoe Dog: A Memoir By the Creator of Nike karangan Phil Knight

Knight ialah pendiri Nike, produk perlengkapan olahraga yang mendunia. Di dalam bukunya ini, Knight menceritakan perjalanan dengan menarik tentang bagaimana ia membentuk Nike.

Dengan tangan dinginnya, Nike menjadi kerajaan usaha yang besar dan kuat. Pendiri Microsoft sekaligus miliarder Bill Gates pun membicarakan buku ini adalah salah utama buku favoritnya pada tahun 2016.

Menurut Gates, wacana ini mengingatkannya tentang jalan menuju kesuksesan, yang menurutnya adalah hidup yang berantakan, penuh dengan kelengahan, ricuh, dihiasi pengorbanan dan upaya bertahan yang tiada henti.

2. The Path Made Clear: Discovering Your Life’s Direction and Purpose karangan Oprah Winfrey

Pemandu acara, pengusaha media, sekaligus miliarder Oprah Winfrey memandang, berkomitmen pada hidup yang penuh tujuan membutuhkan keberanian.

“Ada masa ketika aku merasa terpecah antara menjadi barang apa yang dikatakan oleh dunia dan menjadi sosok yang menurut beta jujur pada diri sendiri, ” tulis Winfrey pada pendahuluan dalam buku yang ditulisnya pada tarikh 2019 itu.

Pada setiap bab dalam buku Winfrey itu dirancang untuk membantu Anda mengingat pencapaian-pencapaian terpenting dalam menuju aktualisasi diri, mengidentifikasi apa yang Kamu butuhkan untuk mencapai kebahagiaan, makna, dan kesuksesan hidup.

3. Lean In: Women, Work, and the Will to Lead karangan Sheryl Sandberg

Buku ini merupakan karangan Sheryl Sandberg, direktur operasional Facebook. Ketika dirilis pada tahun 2013, buku itu menjadi fenomena budaya yang sangat masif di seluruh dunia.

Buku karangan Sandberg itu pun memunculkan pembicaraan global terpaut perempuan dan ambisi di dunia kerja.

Buku tersebut dipandang sangat menginspirasi dan berdasar pada riset yang baik. Sandberg menawarkan berbagai macam saran terpaut memadukan prestasi profesional dengan kesenangan diri.

Dalam tampang ini, Sandberg juga memberi masukan terkait bagaimana pria dapat menerima manfaat dengan mendukung perempuan tertib di lingkungan kerja maupun di rumah.

4. Business @ the Speed of Thought: Succeeding in the Digital Economy karangan Bill Gates.

Buku ini ditulis Gates bertambah dari 20 tahun lalu, namun isinya masih relevan hingga zaman ini. Dalam buku ini, Gates memberikan contoh-contoh bagaimana menggunakan aliran informasi untuk memperoleh daya bertarung.

Jika Anda mempunyai usaha sendiri, buku yang ditulis Gates ini memicu Anda berpikir tentang bagaimana memperbaiki proses kegiatan bisnis Anda dan apakah para manajer atau pimpinan memiliki tumpuan yang tepat untuk memperoleh bahan yang dibutuhkan agar dapat melaksanakan keputusan yang cerdas.

5. The Power of Many: Values for Success in Business and in Life karangan Meg Whitman

Meg Whitman adalah mantan presiden direktur dan CEO eBay. Di dalam bukunya, ia menulis tentang nilai-nilai dasar dengan menghantarnya mencapai kesuksesan tanpa mengompromikan etika, yakni kepercayaan, keaslian diri, keberanian, dan validasi.

Salah satu kalimat menarik yang ditulis Whitman dalam bukunya ialah, “Perbedaan antara eksekutif yang piawai dan megabintang adalah keinginan untuk memutuskan maju ke depan, walaupun jalannya tidak jelas seperti barang apa. ”

6. Losing My Virginity: How I Survived, Had Fun, and Made a Fortune Doing Business My Way karangan Richard Branson.

Buku ini adalah otobiografi pendiri Virgin Group Richard Branson. Ia menceritakan bagaimana dirinya mencapai keberhasilan dengan caranya sendiri. Buku yang sangat laris ini menjelaskan bervariasi peristiwa dalam hidup Branson yang membentuk karakternya, yakni tentang kenaifannya, naluri berpetualang yang tinggi, maka tekadnya yang sekeras baja.

Dengan karakter-karakternya itu, Branson berhasil merevolusi industri musik & penerbangan.

Demikian sejumlah buku tentang bagaimana, cata serta perjalanan sejumlah miliarder mencapai sukses yang perlu dibaca. (*)