Mari Kenalan dengan Melonpan, Roti Jepang Kesukaan DoramiÂ

Mari Kenalan dengan Melonpan, Roti Jepang Kesukaan DoramiÂ

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Penggemar Doraemon pasti tak asing dengan Dorami. Ya Dorami adalah adik Doraemon. Meski kakak beradik mereka punya selera yang berbeda, tercatat dalam hal makanan. Kalau Doraemon penggemar dorayaki, tapi si Dorami suka melonpan.

Dorayaki dan melonpan merupakan makanan dengan populer di Jepang. Melonpan ialah roti berbentuk bulat dengan guratan diatasnya. Bentuk yang unik ini lah yang membuat roti manis itu dinamakan melonpan.

Namun jangan tertipu dengan namanya sungguh. Meski ada nama melon, namun roti ini samasekali tak menyimpan melon. Melonpan memiliki tekstur luar yang garing, mirip dengan baguette, tapi bagian dalamnya sangat sopan dan kenyal. Rasanya manis.

Melonpan sudah ada semenjak tahun 1970-an. Dapat dikatakan jika roti ini adalah jenis roti klasik atau roti tradisional Jepang. Roti ini pertama kali dibuat di Kobe oleh pemiliki bakery yang ingin membuat roti secara bentuk unik dan tekstur yang berbeda dengan roti kebanyakan.

Awalnya melonpan hanya mempunyai satu varian rasa saja, yaitu original dengan rasa manis gula dan tidak ada isian apapun di dalamnya. Tapi saat itu, tersedia melonpan dengan berbagai varian rasa dan isian, mulai dibanding rasa matcha, cokelat, strawberry, serta lain sebagainya.

Walaupun sudah banyak tersedia di Indonesia, tapi kalau ke Jepang jangan lupa ya mencicip melonpan roti asli Jepang. (*)