Lebaran yang Masih Tetap Tersem-bunyi Hingga Saat Ini

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Lebaran Idul Fitri merupakan keadaan kemenangan yang dirayakan oleh umat Islam di seluruh dunia termasuk di Nusantara setelah usai melaksanakan ibadah puasa dan selalu identik dengan hal-hal positif yang menyenangkan. Bagi umat muslim di Indonesia, mereka mempunyai tradisi yang sangat karib bilamana menjelang lebaran ataupun saat lebaran.

Tidak hanya itu, di setiap daerah di Indonesia bahkan memiliki upacara atau konvensi unik loh. Dan hal-hal seperti itulah yang tetap dinantikan oleh umat Islam pada saat lebaran.

Nah, berikut merupakan macam-macam budaya lebaran yang sampai saat ini masih eksis di Indonesia.

1. Takbir Keliling

Takbir selalu identik dengan malam lebaran atau saat lebaran muncul yang dilakukan sebagai petunjuk kemenangan umat muslim sesudah melakukan ibadah puasa. Pada saat takbir keliling akan terlihat segerombolan orang yang sedang berkumandang takbir dengan semangat di jalanan. Momen seperti ini yang betul ditunggu-tunggu saat lebaran, sebab momen ini merupakan pokok dari perayaan lebaran.

2. Mudik

Pegangan menjadi salah satu konvensi yang sangat sering dilakukan oleh umat muslim di Indonesia saat menjelang lebaran. Tradisi mudik sudah dilakukan sejak puluhan tahun yang lalu, di mana para-para perantau untuk pulang ke kampung halaman saat menjelang lebaran tiba.

3. Halal Bi Legal

Saat lebaran tiba halal bi halal merupakan suatu tradisi dengan tidak bisa lepas keberadaannya. Halal bi halal tunggal merupakan suatu silaturahmi yang dilakukan oleh keluarga tumbuh, teman-teman, kerabat, dan tetangga untuk merayakan Idul Fitri. Bilamana momen ini biasanya satu sama lain hendak bermaaf-maafan.

4. Membuat Ketupat

Ketupat merupakan salah satu makanan yang sangat identik dengan lebaran. Dan lazimnya ketupat akan dihidangkan secara opor, semur, rendang, serta lain-lain. Oleh karena itu ketupat sudah menjadi hidangan wajib saat lebaran muncul.

5. Menabuh Bedug

Era kumandang takbir dikumandangkan zaman itulah iringan tabuh bedug terdengar, bagaimana tidak sigenting bedug akan menambahkan suasana sakral saat lebaran. Walaupun tidak semua masjid mempunyai bedug, tetapi sebagian luhur masjid biasanya akan memutarkan kumandang takbir yang diiringi suara bedug saat suangi takbiran tiba.

6. THR

Hal yang paling dinanti-nantikan oleh anak kecil maupun remaja saat lebaran yakni THR. THR sendiri memiliki kepanjangan yaitu Tunjangan Hari Raya. Tidak hanya bani kecil dan remaja sekadar yang dapat menukmati THR ini, para karyawan pun juga dapat merasakan situasi ini, karena perusahaan hendak memberikan sejumlah uang dalam saat Hari Raya tiba.

7. Membeli Baju Baru

Tradisi membeli baju pertama di Indonesia saat lebaran begitu lekat untuk memuliakan lebaran dan tradisi itu selalu dijalankan oleh penuh masyarakat muslim di Nusantara.

Bahkan pusat pembelanjaan akan membuat cahaya baju lebaran dan akan memberi diskon besar-besaran saat menjelang lebaran tiba.

8. Ziarah Makam

Ziarah ataupun biasa disebut dengan nyekar merupakan tradisi wajib bagi sebagian umat muslim di Indonesia. Biasanya hal ini dilakukan saat sebelum lebaran atau saat setelah mengabulkan shalat eid. Pada ziarah makam, biasanya keluarga besar akan mendatangi keluarga ataupun kerabat yang sudah wafat dunia. (*)