Keripik Talas Produk Asha Snack Ngawi, Renyah dan Tak Gatal di Lidah

TIMESINDONESIA, NGAWI – Talas adalah tanaman bertabur yang memgandung karbohidrat, zat putih telur dan lemak. Talas pula mengandung unsur mineral dan vitamin, berfungsi menjaga kolesterol darah tetap rendah. Menggunakan talas juga dapat mencegah risiko ganguan jantung dan darah tinggi.

Melihat banyaknya khasiat di dalam talas, Yayuk Darwanti, masyarakat Ngawi, mengolah talas menjelma makanan lebih menarik dimakan, yakni dibuat keripik.

“Mengapa bentuknya keripik? Karena keripik populer, penuh digemari, ” kata Yayuk Darwanti, owner Keripik Talas Asha Ngawi.

Dia menjelaskan, masyarakat lazimnya mengolah talas dengan cara  direbus atau di buat tumbuhan.

“Saya buat keripik biar beda, rasanya gurih dan kering. Ini mendukung usaha makanan ringan yang sudah saya mulai sejak 2014. Awalnya membuat keripik talas karena hobi masak dan dikonsumsi sendiri. Tetapi di sungguh dugaan ternyata banyak tetangga yang sudah setelah mencicipi, ” paparnya.

Akhirnya dia memutuskan untuk membuka usaha jualan sasaran ringan tersebut. Yayuk Darwanti yang berdomisili di Kawasan Sendang RT 02 RW 07 Tulakan, Sine, Ngawi itu memastiman talas dengan dia jadikan keripik selain renyah juga tidak gatal di lidah.

Produk Asha dibuat dalam  beberapa kemasan mulai 200 rencana hingga 1 kilogram. Keripik talas Asha  bisa dibeli rumah Yayuk, toko oleh-oleh, Toko Bumona dan Awicho Ngawi. (*)