Kepala Asidewi Ngawi Bagikan Tips Berwisata Aman saat Lebaran

TIMESINDONESIA, NGAWI – Memasuki tahun kedua lebaran di tengah wabah covid menjadi pengingat bahwa kesehatan tubuh adalah hal yang penting dalam kehidupan. Di mana beragam tradisi lebaran terpaksa harus dipangkas demi segera berakhirnya wabah covid tersebut.

Mengingat era dua tahun yang lalu untuk mengisi waktu sesudah berlebaran biasa digunakan umum untuk berwisata . Berbagai destinasi wisata selalu ramai pengunjung zaman momen lebaran. Tidak tersendiri di Kabupaten Ngawi, destinasi wisata di Ngawi pula selalu ramai saat momen ini.

Sekalipun lebaran tahun 2021 penuh tradisi yang harus dibatasi, pemerintah tetap mengizinkan tempat wisata tetap beroperasi. Dengan catatan, tempat wisata itu harus menjalankan protokol kesehatan tubuh secara lebih ketat.

Untuk itu, Ketua Asosiasi Desa Wisata (Asidewi) Kabupaten Ngawi, Zainul Thohar memberikan tips aman berwisata saat lebaran di sedang wabah covid-19.

Thohar, sapaannya, mengatakan, sebelum berwisata kudu dipastikan dulu dalam laksana sehat. “Yang jelas pastikan dulu dalam keadaan bugar, apalagi ditengah pandemi sesuai saat ini, ” katanya kepada TIMES Indonesia, kaum waktu lalu.

Memilih destinasi wisata disekitar tempat tinggal termasuk yang disarankan oleh Tohar. Menurutnya destinasi wisata lokal lebih aman ketimbang destinasi wisata diluar wilayahnya. “Tempat wisata lokal menurut saya lebih aman daripada di sungguh daerah. Kalau diluar wilayah, kita kan tidak tahu wilayahnya aman atau tak, terlebih kalau di sungguh daerah pengunjungnya lebih beragam kan, ” jelasnya.

Selain itu, Thohar juga mengingatkan agar tetap menerapkan protokol kesehatan zaman berada di tempat wisata. Seperti selalu mengenakan masker, selalu menjaga jarak, tak berkerumun dan mencuci lengah sebelum dan sesudah mengambil tempat wisata.

“Saya kira yang paling penting menerapkan protokol kesehatan tubuh selama berwisata, kalau untuk di Ngawi pengelola wadah wisata tentu sudah menyediakan fasilitas prokesnya, ” ujarnya.

Kabupaten Ngawi dikenal memiliki banyak destinasi wisata maupun desa wisata yang menarik untuk dikunjungi. Thohar berharap masyarakat Ngawi lebih memilih tempat wisata lokal selama libur lebaran tahun ini.

“Ini kan masih pendemi, terlebih masih ada penyekatan. Lebih baik dan tenang berwisata lokal di Ngawi saja, ” ujarnya. (*)