Kenalkan Nasi Carub, PKK Kabupaten Madiun Gelar Festival Makanan Khas

TIMESINDONESIA, MADIUN – Setiap wilayah memiliki makanan khas tidak tersendiri Kabupaten Madiun. Untuk mengenalkan nasi carub sebagai makanan khas, TP PKK Kabupaten Madiun menggelar Hajatan Makanan Khas dan Olahan Buatan Peternakan bersama Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan.

Kegiatan tersebut juga diwarnai lomba inovasi nasi carub. Peserta dari agen TP PKK kecamatan menampilkan berbagai inovasi nasi carub dengan memanfaatkan potensi lokal dan berpola B2SA (Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman).

“Trenggalek punya ayam lodho, kita juga ingin Kabupaten Madiun tidak saja terkenal jadi Kampung Pesilat, tapi makanan khasnya juga harus terkenal, ” perkataan Ketua TP PKK Kabupaten Madiun Penta Lianawati Ahmad Dawami zaman membuka festival di Pendapa Ronggo Djoemeno, Selasa (17/11/2020).

Ketua dan Wakil Ketua TP PKK Kabupaten b

Menurut Penta, semua daerah berlomba-lomba mengembangkan serta mempromosikan pariwisata. Kabupaten Madiun harus melakukan hal yang sama.

Jika pariwisata maju oleh sebab itu sektor lainnya akan terdongkrak tercatat wisata kuliner.

“Saya berharap kegiatan ini bisa menjelma cikal bakal munculnya makanan istimewa Kabupaten Madiun, ” kata Penta.

Penta juga berniat anggota PKK tidak patah watak menghadapi masa pendemi Covid-19. Malah ibu-ibu harus berkreasi membuat saduran makanan yang bisa dikonsumsi rumpun atau menambah penghasilan keluarga.

“Lewat tangan ibu-ibu yang hebat ini, saya yakin mampu mengangkat nama Kabupaten Madiun lewat kulinernya, ” kata Penta.

Usai pembukaan, Penta bersama Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Madiun Erni Hari Wuryanto berkeliling dan melihat dari dekat nasi carub kreasi peserta. Mereka juga merasai makanan olahan yang ditampilkan saat festival makanan khas Kabupaten Madiun. (*)