Kemenpora RI Launching Program Senam Gres untuk Disabilitas

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Setelah sukses meluncurkan kalender senam Stay at Home (SAH) dan senam Duduk dan Hidup untuk Lansia di Rumah (DUILAH), Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) akan meluncurkan program senam sehat dan bugar (Senam Segar) untuk penyandang disabilitas.

Hal tersebut disampaikan Deputi Pembudayaan Olahraga Kemenpora MENODAI, Raden Isnanta, Jumat (17/7/2020). Selain senam untuk penyandang disabilitas, Kemenpora RI juga akan diluncurkan introduksi senam pada anak usia pra.

Setelah lomba tersebut, Kemenpora RI ingin senam terus dilakukan. Senam untuk masyarakat dengan luas, termasuk untuk penyandang disabilitas.

“Tadi kegiatan senam kita juga ada undang sejak organisasi Unik Berkarya Indonesia (UBI), ada bang Ucok Baba. Mereka mengikuti senam di sini. Nah kita ingin masyarakat terus hidup di tengah pandemi Covid-19, ” kata Isnanta.

Senam ini, lanjutnya, akan disesuaikan dengan kemampuan masing-masing. Lanjut Deputi Isnanta, pihaknya nanti akan mempromosikan program ini melalui media yang tersedia dengan tujuan agar masyarakat lestari produktif dan sehat.

“Nah, ada juga nanti senam untuk usia dini. Bagaimana nantinya itu bisa bergerak happy, dengan penting bergerak. Jangan alasan pandemi, kita tidak bergerak. Nanti ragam senam akan dibuat, ” jelasnya.

Menurutnya, Kemenpora MENODAI akan melakukan sosialisasi juga, di antaranya dengan meluncurkan video. Termasuk serupa untuk anak-anak yang tidak mampu bermain bola atau mengikuti madrasah sepak bola, akan dibuat lomba.

“Jadi biar menghibur anak-anak jangan sampai bosan. Sebab masyarakat kita ini hampir banyak suka sepak bola. Memang kita harus mengajak masyarakat untuk berolahraga dimana saja dan kapan saja, ” tambahnya.

Sementara itu, Ucok Baba yang datang menyambut baik program senam ini. Menurutnya, kita harus happy , sehat jasmani serta rohani. Makanya ia ikut kontribusi di sini.

“Senam Segar (sehat bugar) bagus seluruhnya. Saya juga sudah banyak ngobrol dengan Pak Deputi Pembudayaan Olahraga Kemenpora RI (Raden Isnanta). Itu artinya sangat bagus, sangat diperhatikan. Siapa pun orangnya harus berolahraga, ” ucapnya menyambut baik senam untuk penyandang disabilitas ini. (*)