Keadaan Santri Nasional 2020, Santri Ponpes Al-Miftah Gresik Kirab Obor

TIMESINDONESIA, GRESIK – Memperingati Keadaan Santri Nasional tahun 2020, ratusan santri Pondok Pesantren Al-Miftah Kabupaten Gresik Jawa Timur menggelar prosesi obor berkeliling kampung, Kamis (22/10/2020) malam.

Dalam kesibukan tersebut, para santri memakai menyarung, baju koko serta kopiah hitam. Sedangkan santriwati memakai kostum baju serba putih.

Pra kegiatan ini, Ponpes yang terletak di Desa Mojopurowetan Kecamatan Bungah ini juga melaksanakan membaca semiliar shalawat nariyah dan thibbiyah, upacara ala santri serta ziarah muasis NU KH Faqih Maskumambang di Kecamatan Dukun.

Hamba Ponpes Al-Miftah KH Muhammad Zainuri mengatakan, kegiatan ini digelar agar hari santri tetap meriah walaupun di tengah pendemi Covid-19. “Meski begitu tetap meenerapkan protokol kesehatan ketat, ” katanya, Jumat (23/10/2020).

Pria yang erat disapa Gus Zen ini menerangkan para santri juga berkeliling kampung dengan membaca shalawat. Selain membawa obor, beberapa santri juga membawa bendera merah putih sebagai tanda kecintaan terhadap NKRI.

Kemudian, kirab obor ini adalah simbol dari pelita sebagai penerang di malam hari. Ibarat santri yang harus mampu berdakwah ditengah kondisi apa pun.

“Dalam kirab ini ada undian 150 hadiah serta uang tunai dari donatur Yayasan Al-Miftah. Selain santri, warga sekitar juga ikut hadir, ” imbuhnya.

Gus Zen menambahkan, puncak rujukan HSN hari ini adalah periode dari ikhtiar bersama untuk menyampaikan edukasi kepada siswa siswi santri untuk semangat belajar dalam memasukkan kemerdekaan.

“Resolusi jihad memberikan semangat dan kekuatan belajar dan berkhidmah. Upaya dan jalan para kiai ulama dan santri NU untuk memperjuangkan kemerdekaan NKRI sungguh sangat berat, ” tambah pengasuh Ponpes Al-Miftah Gresik dengan menggelar kirab obor sebagai peringatan Hari Santri Nasional 2020. (*)