Kalender Dokmaru Sudah Hadir di 4 Kecamatan Kabupaten Indramayu

TIMESINDONESIA, INDRAMAYU – Dokter Masuk Rumah (Dokmaru) merupakan salah satu agenda unggulan 100 hari kegiatan Bupati dan Wakil Bupati Indramayu, Nina Agustina serta Lucky Hakim. Program tersebut kini sudah ada di 4 kecamatan, yakni Sliyeg, Widasari, Patrol, dan Losarang.

Program Dokmaru merupakan program layanan kesehatan yang menghadirkan layanan tepat ke rumah warga dengan membutuhkan. Dengan program ini, tim Dokmaru langsung melakukan kunjungan ke rumah masyarakat setelah mendapat informasi & laporan warga.

Menurut Bupati Indramayu, Nina Agustina, dirinya menyambut elok para camat yang telah menjalankan program prioritas dengan saat ini sedang ditekankan, demi memberikan jaminan kesehatan kepada warganya. Namun begitu, pihaknya akan terus melaksanakan program terobosan ini secara mekanisme dan sistem terintegrasi. Tujuannya agar seluruh asosiasi Kabupaten Indramayu dapat merasakan manfaat dari Program Dokmaru.

“Kami tekankan Program Dokmaru bukan hanya target 100 hari kerja, tapi akan terus kita laksanakan dan saatnya kita kerja, kerja dan kerja, ” terang putri Mantan Kapolri Dai Bachtiar ini, Kamis (4/3/2021).

Sementara patuh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Indramayu, Deden Bonni Koswara, dengan adanya Dokmaru, oleh karena itu Dinas Kesehatan, Puskesmas, dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) di Kabupaten Indramayu akan saling terkoneksi dengan adanya call centre tersebut. Secara bertahap, semuanya hendak terhubung dengan sistem agenda unggulan.

“Pada tahun 2021 ini, secara bertahap, akan terhubung secara sistem program unggulan Dokmaru untuk menangani aduan serta keluhan permasalahan kesehatan dalam Kabupaten Indramayu, ” jelasnya.

Dalam pelaksanaanya, lanjut Deden, masyarakat bisa langsung menghubungi Call Center 119 atau 081119119444 dengan ada di Dinas Kesehatan tubuh, apabila dalam keadaan gawat. Setelah itu, operator bakal menghubungi Puskesmas terdekat, yang kemudian pihak Puskesmas lekas mengirimkan tim medis & ambulans ke rumah atau lokasi orang yang melakukan panggilan darurat tersebut.

Deden menambahkan masa ini persiapan untuk mematangkan program tersebut terus dilakukan diantaranya dengan menyamakan apresiasi antara Dinas Kesehatan, Puskesmas, dan Rumah Sakit.

“Dokmaru hadir untuk menyelesaikan permasalahan kesehatan yang sangat membutuhkan, ” kata Deden. (*)