Kades se-Kabupaten Bandung Desak Bupati Bandung Segera Dilantik

TIMESINDONESIA, BANDUNG – Mewakili kepala desa se-Kabupaten Bandung, Kepala Desa Cikoneng Kecamatan Ciparay, Dedi M. Bram meminta kepada Kementerian Di dalam Negeri melalui Gubernur Jawa Barat, agar pelantikan Bupati Bandung/Wabup Bandung terpilih Dadang Supriatna-Sahrul Gunawan segera digelar dalam waktu dekat.

Bram mengemukakan, keterlambatan pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Bandung bisa menghambat pembangunan dan hak-hak penduduk Kabupaten Bandung yang belum terpenuhi, akibat anggaran belum juga bisa dicairkan hingga saat ini.

Menurutnya percepatan perlantikan Bupati Bandung definitif juga penting bagi keberlangsungan roda pemerintahan di Kabupaten Bandung, pasca putusan Majelis Hakim Mahkamah Konstitusi yang menolak gugatan Perselisihan Hasil Pemilihan Kepala Daerah (PHP) Bupati Bandung 2020.

“Kami atas nama semua kepala desa -se-Kabupaten Bandung mendesak Kemendagri melalui Gubernur Jabar untuk segera melantik Bupati dan Wabup Bandung yg definitif. Jangan sampai malah ditunjuk lagi Penjabat Bupati, ” tegas Bram kepada wartawa, Senin (22/3/21)

Bram yang juga menjabat Amir Asosiasi Pemerintah Desa (Apdesi) Provinsi Jawa Barat terkait menambahkan, pelantikan Bupati Bandung terpilih sudah tertunda 3 bulan lebih atau ten hari akibat adanya gugatan Perselisihan Hasil Pemilihan Kepala Daerah (PHP) Pilkada Kabupaten Bandung 2020.

“Kasihan ini masyarakat belum terpenuhi hak-haknya, seperti bansos bagi warga yang terdampak Covid-19, juga soal cara dan prasarana seperti unterbau jalan yang belum dapat diperbaiki atau dibangun akibat belum adanya Bupati Bandung yang definitif. Belum lagi Kabupaten Bandung saat terkait sedang menghadapi Pilkades Serentak, ” ungkap Bram.

Bram menyatakan pihaknya pun menginstruksikan kepada DPC Apdesi Kabupaten Bandung, thirty-one DPK Apdesi di Kabupaten Bandung dan seluruh desa untuk segera mengirimkan surat ke Gubernur Jabar agar segera dilantik Bupati serta Wakil Bupati Bandung yg definitif.

“Kami sudah siap mendukung sepenuhnya program dan perencanaan dri Kang DS dan Kang Sahrul. Kami siap mendampingi dan mewujudkan cita-cita Bupati Bandung Dadang Supriatna dan Wabup Sahrul Gunawan buat mensejahterakan masyarakat Kabupaten Bandung, ” tandas Bram. (*)