Jalan Poros Desa di Gresik Rusak Berat, Begini Respons DPUTR

TIMESINDONESIA, GRESIK – Jalan poros Desa Gredek Kecamatan Duduksampyan Kabupaten Gresik Jawa Timur rusak berat. Apalagi saat hujan turun, atmosphere menggenang serta tak layak dilewati oleh pengendara karena berlumpur.

Kerusakan jalan di wilayah Gresik bagian barat itu hingga 2 Kilometer. Padahal akses tersebut merupakan salah satu jalan yang dibutuhkan masyarakat.

Kepala Desa Gredek Ghopar mengatakan, pihaknya berharap jalan poros di desanya menjadi salah satu point prioritas dalam pembangunan Gresik baru ke depan.

“Karena jalan poros desa itu menjdi aksebilitas utama pengerak roda perekonomian masyarakat desa, ” katanya, Jumat (5/2/2021).

Ghopar menjelaskan, jalan itu menjadi kewenangan Dinas Kegiatan Umum dan Tata Ruang (DPUTR). Maka dari itu pihaknya meminta agar pemerintah segera melakukan perbaikan.

“Tentu Bina Marga harusnya punya data desa, kecamatan mana yang harus segera di selesaikan menyesuaikan tingkat kerusakan di setiap jalan poros desa itu sendiri sehingga efektifitas dan khasiat bisa dinikmati, ” harapnya.

Sementara itu, Kasi Pembangunan Jalan Bidang Binamarga DPUTR Gresik, Eddi Pancoro menerangkan jalan yang rusak di Desa Gredek saat ini statusnya masih jalan desa.

“Desa Gredek jalannya masih berstatus jalan poros desa. Jadi bisa dianggarkan oleh pihak desa melalui dana bantuan keuangan, inch ungkapnya.

Meski begitu, ke depan pihaknya bakal memprioritaskan pembangunan jalan di wilayah tersebut setelah usulan status jalan kabupaten dikabulkan.

“Jalannya masih kita ajukan untuk jadi ruas jalan kabupaten, jika itu dikabulkan maka kami bisa melakukan perbaikan total di jalan poros desa di Desa Gredek, ” terang Kasi Pembangunan Jalan, DPUTR. (*)