Itu Lima Prioritas Kerja Pemkot Kotor tahun 2021

Itu Lima Prioritas Kerja Pemkot Kotor tahun 2021

TIMESINDONESIA, BATU – Ada lima prioritas kerja tahun 2021 yang akan dijalankan oleh Pemkot Batu yang mengemuka dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tahun 2020 yang dilaksanakan secara online, Senin (6/4/2020).

Lima prioritas yang menjadi pedoman kebijakan pembangunan tahun 2021 merupakan penguatan kualitas SDM, pemantapan infrastruktur strategis dan transformasi ekonomi wilayah, pemantapan daya dukung LH & SDA, pemantapan kondisi sosial & Trantib Wilayah serta tata kelola pemerintahan dan peningkatan pelayanan jemaah.

“Hal ini sesuai dengan tema Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) tahun 2021 yakni peningkatan pemberdayaan desa, pembangunan pariwisata dan Investasi Didukung oleh Sumber Daya Bani adam Unggul, dan Infrastruktur Strategis buat Pertumbuhan Kota Batu, ” perkataan Kepala Bapelitbangda, M Chori SSos MSi.

Salah mulia bentuk penguatan kualitas SDM yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan, semacam memberikan pelayanan pendidikan gratis buat PAUD, SD dan SMP, pembaruan Sarana – Prasarana Pendidikan Dasar, Pemberian Insentif Tenaga Pendidik / Guru Non Formal serta menyampaikan beasiswa untuk siswa Berprestasi serta BPBSM, peningkatan Kompetensi dan Pemerataan Tenaga Pendidik Dasar dan mas fasilitasi Pembinaan Prestasi Pemuda & Olahraga.

Sementara penambahan kualitas SDM juga dilakukan oleh Dinas Kesehatan, seperti melaksanakan pembangunan Puskesmas Bumiaji, peningkatan pelayanan GERMAS, Penyediaan Obat – Obatan Kesehatan tubuh Dasar, penurunan Angka STUNTING, Penambahan Pelayanan Kesehatan Ibu, Anak serta Lansia serta optimalisasi kepesertaan JKN dan peningkatan pelayanan jaminan kesehatan tubuh.

Sedangkan Dinas P3P2KB melaksanakan program Sekolah Perempuan Desa, Fasilitasi Pemberdayaan Perempuan untuk Ketahanan Keluarga. Dinas Perpustakaan juga melaksanakan program fasilitasi pembinaan Perpustakaan Kecamatan, Desa-Kelurahan.

Pemkot Batu juga merespon usulan dari masyarakat melalui mekanisme Musrenbang. Kecamatan Batu mengusulkan 149 kegiatan dan disetujui 41 kesibukan, Kecamatan Junrejo mengusulkan 189 kesibukan dan disetujui sebanyak 60 kegiatan dan Kecamatan Bumiaji mengusulkan 67 kegiatan dan disetujui sebanyak 15 kegiatan.

“Usulan kegiatan atau lokus kegiatan yang telah disetujui, menjadi Rancangan Rencana Kegiatan (Renja) perangkat daerah pada tarikh rencana, ” ujar Chori.

Sementara usulan program menggunakan Reses dan Pokir DPRD Praja Batu tahun 2020 dari 30 anggota dewan terhimpun sebanyak 182 usulan dan jumlah program yang disetujui Pemkot Batu sebanyak 69 kegiatan. (*)