Indramayu Siapkan Gedung Karantina untuk Pemudik Berstatus ODP

Indramayu Siapkan Gedung Karantina untuk Pemudik Berstatus ODP

TIMESINDONESIA, INDRAMAYU – Jawatan Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Indramayu pusat menyiapkan gedung karantina Orang Di Pemantauan (ODP) virus Covid-19. Hal ini seiring banyaknya jumlah pemudik yang datang ke Indramayu semasa beberapa hari terakhir.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Indramayu, Deden Bonni Koswara mengatakan, penyediaan sarana karantina merupakan salah satu aksi lanjut atas keputusan Pemerintah induk. Dimana, untuk mempermudah dan mempercepat pengendalian covid-19 dengan memantau dengan intens para ODP diperlukan penyediaan fasilitas karantina.

“Ini disediakan mengingat jumlah pemudik dengan masuk ke wilayah Indramayu sudah tidak terkendali jumlahnya, ” perkataan Deden, Senin (6/4/2020).

Deden menjelaskan, setiap pemudik yang masuk ke wilayah Indramayu akan dilakukan screening oleh petugas dengan telah bekerja sama dengan petugas kesehatan, Kodim, dan Polres Indramayu.

Jika para pemudik tidak menunjukkan gejala virus Covid-19 namun berasal dari wilayah dengan masuk ke zona merah oleh sebab itu mereka akan ditetapkan sebagai Orang Tanpa Gelaja (OTG). Maka pemudik akan dipantau oleh pihak Puskesmas setempat di hari ke satu, 3, 7, 14.

Sedangkan jika pemudik menunjukkan patokan ODP maka akan langsung dibawa ke gedung karantina Covid-19. “Ini sedang dipersiapkan, dan hari tersebut kita akan mengadakan simulasi & rapat bersama Plt Bupati, ” ujar dia. (*)