Hari Kedua Banjir Bandang di Jombang, Warga Gunakan Alat Berat

TIMESINDONESIA, JOMBANG – Hari kedua banjir bandang yang melanda Desa Bajaragung Kecamatan Bareng Kabupaten Jombang, warga masih gotong royong menyusun dan membersihkan sampah di tempat jembatan yang putus.

Pantauan TIMES Indonesia, proses penghapusan sampah kali ini, juga dibantu menggunakan alat berat dari BPBD Kabupaten Jombang mengingat tumpukan kotor yang begitu banyak.

banjir b

Proses pembersihan sampah sampai saat ini belum juga berakhir. Terlihat juga warga tengah membersihkan rumah yang tersapu banjir. Mereka tengah sibuk membuang perabotan rumah tangga yang sedang bisa diselamatkan dan bisa digunakan kembali.

“Alhamdulillah, proses evakuasi kali ini sudah hampir lengkap. Tinggal mengevakuasi rumah yang jatuh milik warga, ” ujar Muhajirin, salah satu warga setempat. Rabu, (3/2/2021).

Dengan cuaca yang setiap hari mendung serta banyak barang yang diterjang banjir. Serta aktivitas warga yang terganggu, saat ini warga tengah memerlukan bahan makanan pokok dan baju ganti.

“Kalau hajat yang mendesak saat ini, sasaran pokok dan baju ganti soalnya cuaca mendung terus dan baju- kemaren diterjang banjir tidak sempat diselamatkan, ” ujarnya.

Saat ini pemerintah juga tengah mendirikan posko darurat bencana yang digelar di Balai Desa Bajaragung. “Dibalai desa sudah ada posko bencananya, namun untuk posko kesegatan belum ada, ” bebernya.

banjir v

Muhajirin berharap, pemerintah segera mengatasi & memberikan fasilitas yang layak untuk korban bencana banjir bandang yang melanda desanya.

Serupa diketahui, banjir bandang yang melanda Desa Banjaragung, Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang pada Senin, (1/2/2021) memukul 18. 30 WIB mengakibatkan jembatan penghubung antardusun putus dan kaum rumah mengalami kerusakan. (*)