Gubernur Jatim Khofifah: Kampung Tangguh Dukuh Ngale Madiun Layak Dicontoh

TIMESINDONESIA, MADIUN – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengunjungi Kampung Tangguh Semeru (KTS) dalam Desa Ngale, Kecamatan Pilangkenceng, Kabupaten Madiun. Gubernur Jatim Khofifah mengapresiasi KTS Desa Ngale dan bisa menjadi contoh KTS lainnya dalam Jawa Timur.

“Kampung Tangguh Semeru di Desa Ngale ini merupakan salah satu bentuk persiapan menghadapi PPKM berskala mikro, ” kata Khofifah saat meninjau KTS Desa Ngale, Kecamatan Pilangkenceng, Minggu (7/2/2021).

Kampung Tangguh Desa Ngale 2

Kepala Desa Ngale, Lilik Indarto Gunawan menjelaskan KTS di desanya telah terbentuk sejak awal pandemi. Bagian yang ada di KTS Dukuh Ngale antara lain lumbung bertabur, ruang karantina, posko data & pemantauan.

“Lumbung bertabur di Desa Ngale sudah tersedia sejak Maret 2020 sebagai penyelesaian di masa pandemi, ” sahih Lilik kepada Gubernur Jawa Timur.

Ia menerangkan dalam lumbung pangan KTS Desa Ngale ini ada beberapa jenis flora seperti terong, sawi, serai dan daun kelor. Serta kolam ikan yang dikelola masyarakat untuk keinginan pangan masyarakat.

Petunjuk dan informasi tentang penyebaran Covid-19 juga tersedia di KTS Daerah Ngale. Terdapat data positif covid, sembuh, dan meninggal. Diketahui ada 3 orang warga Desa Ngale yang terkonfirmasi positif dan segenap sudah sembuh.

Kampung Tangguh Desa Ngale 3

“Data penerima tumpuan juga ada sebagai upaya kejernihan pemerintahan desa kepada masyarakat. Oleh sebab itu masyarakat bisa melihat siapa selalu yang mendapat bantuan, ” menguraikan Lilik.

Tim Satgas Covid-19 di Desa Ngale serupa difungsikan maksimal untuk pengendalian penyaluran Covid-19. Koordinasi dan komunikasi dikerjakan via grup Whatsapp agar monitoring mudah dan cepat.

“Jadi sewaktu-waktu ada kasus dapat segera ditangani, ” ujar Lilik.

Untuk ruang isolasi, KTS Desa Ngale menggunakan ruangan di SD setempat. Ruang isolasi tersebut digunakan untuk warga berstatus orang dalam pantauan (ODP). Ada dua ruang yang disediakan buat isolasi.

“Ruang isolasi desa perlu tetap diaktifkan untuk memfasilitasi ODP desa yang tidak bisa melakukan isolasi secara mandiri, ” jelas Lilik.

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa didampingi Bupati Madiun H. Ahmad Dawami meninjau ruang isolasi KTS Desa Ngale, Kecamatan Pilangkenceng, Kabupaten Madiun. Serta menabur benih ikan bawal dan lele di lumbung pangan. (*)