Bioskop Drive-In, Bisa Jadi Solusi Hiburan di Masa Pandemi

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Istilah Bioskop Drive-In mungkin masih asing bagi beberapa masyarakat Indonesia. Tetapi di Korea Selatan, bioskop drive-in terbukti sukses menjadi solusi atas dilarangnya hidup konvensional selama masa pandemi Covid-19 ini.

Dengan bioskop drive-in atau bioskop kendaraan, para-para penonton cukup datang ke lokasi diputarnya film kemudian tetap berharta di dalam mobil masing-masing untuk menikmati film. Sehingga tidak akan terjadi kerumunan orang secara langsung. Artinya protokol Physical Distancing tetap bisa tersem-bunyi.

Ir. Ciputra dalam 1 April 1970 silam sebenarnya pernah memperkenalkan konsep bioskop drive-in ini. Kala itu ia membentuk bioskop kendaraan di Pantai Binaria yang sekarang Ancol, Jakarta. Akan tetapi kemudian bioskop di dalam gedung tertutup lebih populer.

Namun pada masa pandemi Covid-19 ini, bioskop kendaraan kembali mendapatkan momentumnya. Bioskop drive-in milik Park Dong-ju di Korea Selatan merasai peningkatan penjualan tiket yang istimewa.

“Kami mengalami penambahan penjualan tiket 10-20 persen di hari kerja, dan terjual beres saat akhir pekan, ” sebutan Park dilansir melalui cnn indonesia.

Park mengaku memperoleh banyak telepon dan pemesanan melalaikan internet setelah virus Covid-19 bercabul. Kenyataan tersebut sangat kontras dengan bioskop konvensional yang kini puntung karena terpaksa tutup akibat wabah Covid-19.

Lantas, akankah bioskop drive-in juga bakal menjelma solusi bagi masyarakat Indonesia buat tetap mendapat hiburan selama zaman pandemi Covid-19 ini? (*)