Baznas Banjarnegara Tasharufkan Dananya untuk Ekonomi Produktif

Baznas Banjarnegara Tasharufkan Dananya untuk Ekonomi Produktif

TIMESINDONESIA, BANJARNEGARA – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Banjarnegara, Jawa Tengah mentasharufkan dana zakatnya untuk ekonomi atau modal usaha produktif kepada 78 mustahik. Bantuan diserahkan dalam Sasana Bhakti Praja Setda Kabupaten Banjarnegara.

Ketua Baznas Kabupaten Banjarnegara, H. Sutedjo Slamet Utomo, S. H., M. Hum, Jumat (21/8/2020) menyampaikan, pentasharufan derma kali ini berasal dari uang zakat periode April – Juni 2020 sebesar Rp 195 Juta.

Menurutnya, ke 78 mustahik itu adalah pelaku usaha kecil dengan telah diusulkan oleh Organisasi Unit Daerah (OPD) dan Kecamatan pada Kabupaten Banjarnegara dan telah melalaikan proses verifikas dan mendapat persetujuan dari pihak Baznas.

“Masing-masing mustahik menerima bantuan pangkal usaha sebanyak Rp 2. 500. 000, -, Sehingga total pemberian yang ditasharufkan sebanyak Rp 195. 000. 000, ” Katanya H Sutedjo.

Sutedjo mengatakan, bantuan yang diberikan berupa peralatan sesuai dengan usaha yang dijalankan oleh mustahik.

Serupa etalase makanan, mesin jahit, bahan pertukangan (pasah serut, bor, sirkel dan grenda), gerobag, mesin basuh, setrika dan peralatan lainnya yang menunjang usaha mustahik.

Sedangkan kegiatan usaha yang diusulkan diantaranya warung makan, pertukangan, distributor keliling, penjahit, jasa laundry, kebaikan cuci motor mobil.

“Dengan kesibukan ini diharapkan dapat membantu pemerintah mengurangi angka kemiskinan di Kabupaten Banjarnegara sekaligus dapat memotivasi para mustahik untuk lebih giat sedang dalam menjalankan usahanya, ” imbuh Sutedjo.

Sebelumnya Baznas Kabupaten Banjarnegara juga telah mentasharufkan dana zakatnya untuk kegiatan konsumtif sebesar Rp 341 juta.

Dalam waktu dekat Baznas Banjarnegara juga akan mentasharufkan persediaan zakatnya untuk kegiatan rehab Sendi Tidak Layak Huni (RTLH) Sebanyak 15 unit dengan total taksiran Rp 185 juta (*)