Batukaras, Destinasi Surfing Wisatawan Mancanegara

Batukaras, Destinasi Surfing Wisatawan Mancanegara

TIMESINDONESIA, PANGANDARAN – Sudah tidak asing lagi bahwa Batukaras selalu menjadi incaran para pemain surfing dari lokal dan mancanegara. Hal tersebut dibuktikan dengan selalu adanya turis bule (wisatawan mancanegara) yang lalu lalang bermain selancar.

Kurang kegiatan perlombaan surfing juga pernah dilaksanakan di Pantai Batukaras. Bahkan berbagai pihak menyebutkan jika aliran Pantai Batukaras ini menjadi satu diantara dari 10 spot surfing utama di Indonesia.

Tetapi adanya pandemi Covid-19, Asep Suparya (51), seorang anggota Jaga Lembur yang bertugas di Pantai Batukaras mengatakan bahwa tahun ini wisatawan mancanegara mengalami kesulitan ketika ingin berlibur ke Pantai Batukaras.

“Biasanya pada bulan Juli-Agustus banyak bule yang bermain selancar di sini. Namun karena status pandemi seperti ini dan Batukaras ditutup, ya kemarin bulan Juli-Agustus tidak ada wisatawan asing, ” ungkap Asep kepada TIMES Indonesia Priangan Timur pada Minggu (20/12/2020).

Namun, sekarang ini pada liburan akhir tahun, diakui Asep mulai ada terlihat kurang wisatawan asing yang berkunjung ke Pantai Batukaras.

“Sekarang mulai ada wisatawan asing, akan tetapi tidak sebanyak biasanya karena pelik akses tadi, paling ada wisatawan asing itu yang sudah bervakansi dulu di kota lain, misalnya dari Bandung atau dari Bali dulu, tidak ada yang tepat dari negara tertentu langsung ke Pangandaran karena sulit aksesnya kalau perjalanan antar negara seperti tersebut, ” jelasnya.

Sebagai informasi, jarak Pantai Batukaras sebab Pantai Pangandaran kurang lebih 40 km dengan waktu tempuh sekitar 45 menit dengan menggunakan kendaraan karakter. Jika dari Green Canyon jaraknya hanya kurang lebih hanya 6 KM saja. (*)