Batal Digelar Tahun Ini, Ubud Village Jazz Festival akan Digelar 2021

Batal Digelar Tahun Ini, Ubud Village Jazz Festival akan Digelar 2021

TIMESINDONESIA, DENPASAR – Ubud Village Jazz Festival (UVJF) cabar digelar tahun ini. Pembatalan even pergelaran musik tahunan ini, sebagai tindak lanjut dari krisis kesehatan tubuh yang diakibatkan oleh pandemi ijmal Covid-19 begitu telak memukul kebudayaan dunia.

Ubud Village Jazz Festival (UVJF) adalah ajang festival jazz berskala internasional terbesar di Bali yang sudah berlangsung 7 kali berturut-turut sejak 2013.

“Kami sebagai salah satu event Internasional tahunan yang diselenggarakan dalam Bali, Ubud Village Jazz Festival (UVJF), dengan alasan yang serupa juga telah mengambil sikap untuk membatalkan perhelatan tahun ini dengan semula akan diadakan pada tanggal 14 dan 15 Agustus 2020, ” kata Anom Darsana, Kegiatan Director UVJF.

Ia menyampaikan wabah Corona ini berpengaruh ke seluruh sendi kehidupan di seluruh dunia tidak luput sebab ekses yang ditimbulkan. Bukan hanya hal kesehatan, namun lebih jauh juga menghantam perekonomian.

Untuk wilayah Bali khususnya, yang amat tergantung dari industri pariwisatanya adalah yang paling awal tertumbuk dengan pandemi ini. Bukan hanya hotel dan restaurant beserta toko-toko, namun juga event-event, bisnis hiburan dari mulai skala terbesar mematok UMKM “dipaksa” untuk sekencang-kencangnya memesona pinggang.

“Semoga segala sesuatunya menjadi lebih baik serta kita bias memulai lagi tarikh depan 2021, ” tambahnya.

Co-founder UVJF, Yuri Mahatma menyampaikan sebenarnya banyak pihak yang menyarankan agar alih-alih dibatalkan, bertambah baik ditunda namun masih di tahun 2020 dengan harapan Covid-19 sudah mereda dalam beberapa bulan ke depan.

“Namun kami mempertimbangkan beberapa aspek. Perdana, kalaupun benar membaik dalam kaum bulan ke depan, akan tetap memerlukan waktu untuk masa recovery, ” tambahnya.

Di dalam periode ini, semua orang mau berhati-hati dan berhemat dan perlahan bangkit dari keterpurukan ekonomi. Penghapusan Ubud Village Jazz Festival itu juga dikarenakan lebih ke dalil moral, langkah yang bijaksana asalkan semua ikut prihatin dan belas kasihan kepada saudara-saudara se-Indonesia yang jauh lebih membutuhkan bantuan. (*)