Astronom Peroleh Foto 3D Galaksi Bima Sakti

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Baru-baru itu, para astronom berhasil mendapatkan gambar Galaksi Bima Sakti dalam bentuk 3D dengan kulaitas yang benar memuaskan. Gambar ini diklaim dpat membantu para astronom dalam mempertimbangkan cara kerja galaksi dan rahasia yang terdapat di alam semesta.

Gambar tersebut dibuat menjadi sebuah atlas elektronik luhur yang berisi video gambar dengan dapat bergerak. Gambar tersebut dikumpulkan dari observatorium Badan Antariksa Eropa Gaia di Kourou Guyana Perancis yang telah dipindai mulai tahun 2013.

“Yang saya lakuka di sini adalah mendapatkan gambar bintang-bintang secara mendetail dalam 3D dengan jarak beberapa ratus tahun cahaya, ” ungkap Nicholas Walton, anggota ESA Gaia Institute Astronomy Cambridge seperti dilansir sebab The Guardian .

Dengan mengukur pergerakan tata surya secara relatif, petunjuk Gaia menunjukkan tata surya lepas menuju pusat Bima Sakti secara percepatan sekitar 7 mm mulai detik setiap tahun.

Selain mengungkap jejak pelahapan kosmik, data memungkinkan para astronom buat mengumpulkan distribusi materi di Bima Sakti. Dari situ mereka mau dapat memperkirakan massanya secara langsung.

Menurut Floor van Leeuwen salah seolah pengolah petunjuk di Institute Astronomy mengungkapkan kalau data dari foto 3D itu bisa digunakan membantu para astronom mengetahui asal-usul atau masa depan Galaksi Bima Sakti. (*)