Achmad Yurianto Sah Menjadi Ketua Badan Pengawas BPJS Kesehatan

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Achmad Yurianto sah menjadi Pemimpin Dewan Pengawas BPJS Kesehatan periode 2021-2026 setelah dilantik oleh Kepala RI Jokowi (Joko Widod), Senin (22/2/2021).

Diketahui, Yuri, sapaan akrabnya itu, menggantikan Ketua Dewan Pengawas BPJS Kesehatan sebelumnya, yakni Chairul Radjab Nasution.

Selain jajaran Dewan Penilik, Jokowi juga mengesahkan Dewan Pengurus BPJS Kesehatan masa jabatan 2021-2026.

“Terlebih dahulu saya akan bertanya pada saudara, bersediakah saudara diambil sumpah janji patuh agama masing-masing? ” tanya Presiden saat pengambilan sumpah jabatan dengan diikuti jawab bersedia dari seluruh anggota Dewan Pengawas dan Balai Direksi.

Setelah itu, Kepala Negara biar memimpin pengucapan sumpah jabatan dengan diikuti oleh seluruh anggota Lembaga Pengawas dan Dewan Direksi BPJS Kesehatan.

“Bahwa aku akan setia kepada UUD Republik Indonesia tahun 1945 serta hendak menjalankan semua aturan perundangan-undangan secara selurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara. Kalau saya dalam menjalankan tugas dan jabatan, akan menujung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, secara penuh rasa tanggung jawab, ” ujar Presiden Jokowi.

Achmad Yurianto merupakan mantan spesialis bicara pemerintah pada Gugus Perintah Percepatan Penanganan Covid-19 sejak Maret 2020. Yuri sudah banyak dikenal masyarakat karena selalu tampil dalam layar kaca menyampaikan data terbaru kasus Covid-19 setidaknya selama lima bulan.

Selain Achmad Yurianto, Presiden RI Jokowi selalu menunjuk Ali Ghufron Mukti sebagai Direktur Utama (Dirut) BPJS Kesehatan tubuh. Ali menggantikan dirut BPJS Kesehatan sebelumnya, Fachmi Idris yang habis masa jabatannya. (*)