8 Hal yang Harus Dilakukan Sesudah Sembuh dari Covid-19

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Bagi yang terpapar, sembuh dari Covid-19 adalah peristiwa yang paling diinginkan. Namun sehat dari Covid-19 tidak sertamerta harus merasa tak perlu lagi melindungi kesehatan.

Justru setelah sembuh, harus terus menjaga kesehatan dan memperkuat imun tubuh supaya tidak kembali tertular. Lalu barang apa yang harus dilakukan?

Berikut ini hal-hal yang harus dilakukan setelah sembuh dari Covid-19:

1. Konsumsi Makanan Bergizi

Tubuh memerlukan antibodi yang kuat dalam menyerbu Covid-19, bahkan ketika virus sudah tak lagi ada di tubuh. Tetap mengonsumsi makanan yang bernutrisi dan bergizi seimbang akan membangun proses pemulihan tubuh yang gres sembuh dan bersih dari virus. Selain itu, makanan bergizi pula mampu membangun kembali sistem kalis tubuh dan memperkuat daya tahan tubuh.

2. Mengarahkan Kemampuan Otak

Covid-19 diketahui dapat mempengaruhi kemampuan penggagas dalam bekerja. Beberapa pasien covid-19 dapat mengalami gangguan dalam berpendapat akibat virus ini.

Melatih kemampuan otak dirasa istimewa untuk meNgembalikan fungsi otak laksana sedia kala. Dimulai dengan kegiatan-kegiatan yang melatih kemampuan otak bagaikan bermain puzzle, bermain musik ataupun sekedar mengobrol dengan orang terdekat.

3. Rutin Berolahraga

Olahraga mungkin tidak hal yang mudah dilakukan karena tubuh masih lemah pasca terpapar Covid-19. Namun, secara bertahap tubuh harus dibiasakan bergerak. Mulailah dibanding olahraga ringan dan singkat seolah-olah berjalan kaki atau berlari mungil di pekarangan rumah lalu tambahan durasi secara bertahap.

Meskipun sedang berada di sendi, berjalan kaki dapat meningkatkan pengondisian secara keseluruhan. Selain itu, posisikan punggung saat duduk, artinya menghabiskan waktu duduk berjam-jam dapat membuahkan dekondisi dan masalah medis yang lain.

4. Tetap Menggunakan Masker dan Menjaga Jarak

Seperti yang ditunjukkan pengkajian, pada beberapa penyakit, seseorang mampu kebal terhadap infeksi berulang untuk beberapa waktu setelah pemulihan. Namun, sebuah laporan menyebutkan tidak serupa itu halnya dengan Covid-19. Pakar kesehatan menunjukkan bahwa kekebalan Covid-19 peluang besar bersifat sementara.

Karena itu, teruskan memakai kedok di tempat umum dan tentu jaga jarak sosial. Jangan tepat biarkan tubuh terpapar virus ataupun bakteri dari orang lain. Status tubuh yang masih lemah mendirikan dampak paparan akan lebih mengandung.

5. Cukup Reses

Pemulihan dari keburukan apa pun bukanlah hal dengan mudah, dan penyakit yang pelik, seperti Covid-19 tidak akan lekas waktunya. Pakar kesehatan menyarankan agar orang yang pernah terinfeksi corona menghemat energi sebanyak mungkin & menunda tugas yang membutuhkan gaya fisik.

Berikan masa pada tubuh untuk memulihkan diri secara maksimal. Jangan memaksakan diri langsung melakukan kegiatan seperti pra tubuh terserang Covid-19.

6. Menjaga Kesehatan Mental

Terinfeksi Covid-19 bukan hanya berdampak pada kesehatan fisik tapi juga kesehatan mental. Laporan menunjukkan bahwa mereka yang pulih lantaran Covid-19 mungkin berjuang secara mental dan bahkan mengembangkan tanda serta gejala reaksi stres akut, ataupun gangguan stres pasca-trauma (PTSD).

Pakar kesehatan mental mengusulkan bahwa dalam kasus kecil masalah kesehatan mental, seseorang dapat meningkatkan suasana hati dengan melakukan kegiatan-kegiatan yang bisa memberikan rasa perasaan positif seperti berkomunikasi secara rutin dengan orang terdekat, berlatih mediasi, menghindari konsumsi kafein dan alkohol serta berolahraga.

tujuh. Tetap Perhatikan Kemungkinan Muncul Petunjuk

Dalam proses recovery, jangan lengah terhadap sinyal yang diberikan tubuh. Perhatikan tanda-tanda peringatan seperti sakit kepala yang mengusik atau bahkan sesak napas, karena ini bisa menjadi indikasi kalau tubuh kita belum pulih sepenuhnya dan jika gejala masih tumbuh, segera hubungi dokter.

8. Beri Waktu Untuk Menyelaraskan Diri

Ingatlah buat memberi diri Anda waktu kala baru sembuh dari Covid-19. Tanpa langsung kembali beraktivitas rutin dengan kesibukan seperti sebelumnya.. Beri waktu untuk menyesuaikan diri dengan rutinitas lama Anda, lakukan satu per satu selama bertahap. (*)