7 Kecerdasan yang Dibutuhkan untuk Bertemu Dunia Baru

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Dunia akan memasuki era industri 4. 0. Kecerdasan pribadi dituntut untuk mampu menghadapi masa yang baru. Di era itu akan banyak bermunculan robot canggih, superkomputer, kendaraan otonom, 3D printing, serta pengoptimalisasian fungsi otak bani adam dengan editing genetik dan perkembangan neuroteknologi.

Hal ini tentu memberi dampak positif dan juga negatif bagi kehidupan. Salah satunya akan berdampak pada berkurangnya peluang kerja bagi manusia karena posisinya digantikan oleh robot.

Oleh karena itu, dalam menyambut era industri 4. 0 tersebut kita sebagai manusia dituntut buat terus mengembangkan kemampuan serta kepintaran yang bisa bermanfaat di zaman depan.

Mengutip dibanding @Rumah Perubahan yang didirikan oleh Prof. Rhenald Kasali, setidaknya ada 7 kecerdasan yang dibutuhkan untuk menghadapi dunia baru tersebut. Apa saja?

1. Intelek Teknologi

Industri 4. 0 tidak luput dari kecanggihan teknologi yang terus berevolusi. Mengarungi pentingnya menguasai teknologi sangat istimewa untuk dimiliki oleh setiap bani adam saat ini agar mampu bergandengan dengan mesin yang dapat mewakili kerja manusia.

Selain itu, kita juga perlu mengembangkan kemampuan diri dengan pemanfaatan kekuatan teknologi yang baik.

2. Kecerdasan Sosial dan Emosional

Dunia kerja menuntut kita untuk berhadapan dengan banyak diantara kita. Karenanya, dibutuhkan kecerdasan sosial di mana kita dapat beradaptasi dengan lingkungan kerja dan dapat mewujudkan interaksi yang baik dengan orang lain serta mempengaruhinya.

Selain itu, kecerdasan emosional selalu penting. Kecerdasan yang sering dikenal sebagai EQ ini adalah keterampilan untuk menyadari, mengekspresikan, serta mengontrol emosi kita dan juga mengarungi emosi orang lain.

3. Kecerdasan Kontekstual

Kecerdasan kontekstual adalah kemampuan buat mengidentifikasi dan membuat alternatif serta mengeksekusinya dengan cepat.

Kemampuan ini dimulai dari mengabulkan identifikasi, menentukan elemen utama perkara, melihat berbagai kemungkinan sebagai solusi, melakukan aksi/tindakan untuk menyelesaikan urusan, serta mencari pelajaran untuk dipelajari dalam rangka penyelesaian masalah.

4. Kecerdasan Moral

Kecerdasan moral perlu dimiliki agar menumbuhkan rasa empati, memiliki hati nurani, saling menghormati, ada rasa keadilan dan toleransi dengan tinggi terhadap sesama.

Memiliki kecerdasan moral diharapkan menyusun setiap manusia mampu mencapai tujuan hidupnya dengan tetap memerhatikan jumlah moral yang ada.

5. Kecerdasan Generatif

Kecerdasan generatif adalah kemampuan buat melahirkan ide-ide baru. Kemampuan tersebut berhubungan dengan kreatifitas yang mendirikan manusia mampu untuk terus berinovasi dan menciptakan sesuatu yang mutakhir serta bermanfaat bagi masyarakat.

Kemampuan ini juga mampu diwujudkan dengan mengembangkan sesuatu yang sudah ada hingga menjadi lebih baik dan lebih menarik sedang.

6. Kecerdasan Eksploratif dan Transformasional

Buat menciptakan masa depan baru dengan diinginkan, diperlukan kecerdasan eksploratif & transformasional. Manusia harus berani meneliti hal-hal baru yang berguna untuk masa depan.

Kemampuan ini membuat kita mampu muncul dari perangkap masa lalu & maju merangkul masa depan.

7. Kecerdasan Ekosistem

Kecerdasan ekosistem diartikan sebagai kemampuan untuk bekerjasama dan bersinergi dengan lingkungan sekitar, demi mencapai tujuan.

Kita kudu mampu untuk bisa menerima pendirian orang lain, berdiskusi dan mencapai solusi, menghargai perbedaan pendapat, serta berkontribusi sesuai kemampuan bersama orang lain.

Itulah 7 kecerdasan yang harus dimiliki untuk menghadapi masa depan. Memiliki kecerdasan-kecerdasan tersebut tentunya penting untuk bisa bersaing dan bertahan di negeri baru. (*)